home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Lewatkan Tips Berolahraga Ketika Cuaca Panas

Minggu, 02 September 2018 10:00 by evelin04 | 1298 hits
Jangan Lewatkan Tips Berolahraga Ketika Cuaca Panas
Image Source: ikyfashion.com

DREAMERS.ID - Untuk sebagian orang, pasti mereka suka untuk melakukan olahraga pada siang hari atau pada saat cuaca sedang panas. Mereka beranggapan bahwa berolahraga pada saat cuaca panas dalam membakar banyak kalori. Padahal, hal ini malah bisa menyebabkan peningkatan stres yang dramatis pada jantung.

Itu karena beban kerja yang ditambah dari olahraga hanya meningkatkan beban pada sistem kardiovaskular pada tubuh. Beban pada jantung akan meningkat saat kita berolahraga, terutama saat cuaca panas. Untuk setiap kenaikan derajat suhu internal tubuh, jantung berdetak sekitar 10 detak per menit lebih cepat.

Dilansir dari Kompas, menurut pakar fisiologi olahraga, Michael Crawford, tubuh kita mengeluarkan panas berlebih dalam dua cara, yaitu dengan berkeringat dan dengan memancarkan kehangatan. Jantung berdetak lebih cepat dan memompa lebih keras. Bahkan, jantung mungkin mensirkulasi darah 2-4 kali lebih banyak setiap menit, seperti halnya pada saat cuaca dingin.

Laman Cleveland Clinic, melansir tips berolahraga pada saat cuaca panas agar tubuh tetap aman.

Sesuaikan Kecepatan

Baca juga: Peristiwa Membanggakan Nasional yang Datang Dari Dunia Olahraga Sepanjang 2021!

Menyesuaikan kecepatan saat berolahraga di cuaca yang panas dengan kelembapan tinggi merupakan hal penting untuk tubuh. Untuk menyesuaikannya, salah satunya bisa dengan memperlambat kecepatan olahraga.

Jaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Jaga tubuh agar tetap terhidrasi jika berolahraga lebih dari 30 menit. Minumlah 0,2-0,5 liter air saat 20-30 menit sebelum olahraga. Setelah itu, minumlah 0,2-0,5 air setiap 30 menit olahraga untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Kenakan Pakaian Yang Sesuai untuk Kondisi Panas

Jangan memakai pakaian yang berbahan karet atau baju ketat berlengan panjang, karena itu dapat mencegah penguapan keringat. Pakaian semacam itu juga mengganggu kemampuan sistem di tubuh untuk mendinginkan tubuh. Pakailah kaus berbahan katun yang longgar, celana pendek, dan topi rimba saat berolahraga di luar.

(evln)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)