home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kesalahan Saat Men-charge Smartphone yang Perlu Dihindari

Kamis, 16 Agustus 2018 18:09 by fzhchyn | 86904 hits
Kesalahan Saat Men-charge Smartphone yang Perlu Dihindari
Image source: Oppo

DREAMERS.ID - Pasti sangat menyebalkan jika sedang asik nonton video atau main game di smartphone namun tiba-tiba baterai habis. Dibandingkan memilih untuk berhenti dan mengisi daya dengan benar, banyak diantara kita yang melanjutkan nonton atau main game sambil men-charge smartphone.

Padahal kebiasaan seperti ini adalah salah satu yang membuat performa baterai menjadi lemah bahkan mengalami ‘baterai bocor’ dalam jangka panjang. Baterai ponsel yang makin lama dipakai jadi cepat habis bisa disebabkan oleh cara isi daya atau charging yang salah, seperti ini:

1. Men-charge smartphone semalaman
Charging baterai smartphone hingga 100 persen dan membiarkannya tercolok listrik semalaman tidak hanya memperpendek daya tahan baterai tapi juga menyebabkan smartphone rusak.

2. Jangan tunggu baterai habis
Beberapa orang menyarankan, isi ulang baterai saat dayanya sudah kosong akan memperpanjang ketahanannya. Tapi menurut situs Battery University, kebiasaan isi ulang saat baterai sudah kosong justru bisa membuatnya bertambah boros dan rusak permanen.

3. Charge sampai full
Baterai lithium-ion pada smartphone yang selalu di-charge sampai full atau 100 persen akan mengurangi kapasitas ketahanannya. Baterai smartphone sebenarnya tidak perlu diisi ulang sampai full, bahkan bisa membuat baterai boros dalam jangka panjang.

Saran dari Battery University, isi ulang baterai smartphone hanya sampai 75 persen saja. Charge baterai sebatas 65 atau 75 persen paling baik untuk menjaga baterai agar tidak cepat boros.

Baca juga: Harga 5 Juta, Apa Saja Keunggulan Oppo Reno5?

4. Tak segera dicabut saat penuh
Sebaiknya segera cabut charger saat baterai sudah penuh. Membiarkannya tersambung charger akan membuat smartphone rusak dan memperpendek daya tahan baterai.

Menggunakan smartphone sambil men-charge memang terkadang tak bisa dihindari meskipun saat ini banyak vendor yang menawarkan perangkat dengan kapasitas baterai yang besar. Namun dengan teknologi fast charging, kebiasaan buruk seperti ini bisa dikurangi karena baterai akan lebih cepat penuh.

Sistem fast charging yang dikembangkan Oppo dengan serius, yaitu VOOC Flash Charge adalah solusi bagi kamu aktif menggunakan smartphone dan sering kehabisan daya. Oppo sendiri mengklaim bahwa smartphone-nya yang memiliki kemampuan VOOC Flash Charge dapat mengisi daya hingga 75 persen dalam 30 menit.

Perangkat Oppo yang sudah memiliki fitur tersebut adalah Find X yang dibekali dengan baterai berkapasitas 3.730 mAh dan diklaim mampu bertahan cukup lama. Dan tentunya ini berkat bantuan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang bisa melakukan efisiensi penggunaan baterai.

Selain itu, pengguna juga tak perlu khawatir saat menonton video atau bermain game berat sambil mengisi daya karena kecepatan mengisi dayanya tetap wajar sehingga tidak menciptakan overheating. Kabarnya, ponsel terbaru Oppo F9 juga akan hadir dengan teknologi VOOC Flash Charge ini.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)