home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Antara Wajar atau Tidak? Ini Dia Tips Mengatasi Ketakutan Pada Jarum Suntik

Rabu, 15 Agustus 2018 15:00 by evelin04 | 1351 hits
Antara Wajar atau Tidak? Ini Dia Tips Mengatasi Ketakutan Pada Jarum Suntik
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Cemas saat hendak disuntik memang menjadi hal yang wajar bagi setiap orang. Ketika lagi sakit bisa saja kita membutuhkan obat yang dimasukkan melalui jarum suntik ke tubuh kita.

Akan tetapi, karena kita merasa khawatir dan takut, biasanya kita akan mencari cara untuk mengurangi rasa takut kita terhadap jarum suntik. Nah, berikut tips-tips yang bisa dicoba untuk mengurangi rasa takut ketika hendak disuntik.

Konsultasi dengan Konselor

Cobalah konsultasikan rasa takut Anda dengan konselor yang ahli pada bidangnya. Dengan berkonsultasi dengan konselor, akan membantu Anda mengatasi ketakutan terhadap jarum suntik dari sisi psikologis. Bila diperlukan, Anda bisa mendapatkan resep obat pereda kecemasan.

Menggunakan Anestesi Topikal

Anestesi topikal adalah pereda rasa sakit lokal yang dioleskan pada kulit. Jika anestesi ini dioleskan pada bagian yang disuntik, akan memberikan efek kebal (mati rasa). Ini membantu untuk mengurangi rasa sakit pada suntikan.

Berbaring Agar Tubuh Rileks

Posisi berbaring akan membantu Anda untuk merasa rileks. Tidak hanya itu, berbaring juga dapat mencegah gejala takut pada jarum suntik seperti pingsan.

Alihkan Perhatian dengan Mengobrol

Alihkan perhatian Anda ketika hendak disuntik. Anda bisa mengajak ngobrol orang-orang yang menemani Anda. Dengan begitu, perhatian Anda akan teralihkan dan bisa mengurangi rasa sakit ketika jarum suntik dimasukkan.

Dengarkan Musik

Mendengarkan musik juga bisa membantu mengalihkan perhatian Anda pada jarum suntik. Karena Anda menikmati musik yang sedang Anda dengarkan, rasa sakit pada suntikan juga bisa berkurang.

Ambil Nafas Agar Pikiran Tenang

Tenangkan pikiran Anda dengan bernafas dari hidung. Hal ini akan membuat Anda tenang dan rileks serta dapat mengurangi rasa takut Anda. Juga, jauhkan pikira-pikiran yang bisa menambah ketakutan Anda.

Alihkan Pandangan dari Jarum Suntik

Memperhatikan dokter yang hendak menyuntik Anda bisa membuat Anda merasa cemas dan ketakutan. Oleh karena itu, sebaiknya alihkan pandangan Anda dari jarum suntik agar dapat mengurangi kecemasan dan ketakutan yang berlebihan.

(evln)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)