home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Antara Wajar atau Tidak? Ini Dia Tips Mengatasi Ketakutan Pada Jarum Suntik

Rabu, 15 Agustus 2018 15:00 by evelin04 | 1247 hits
Antara Wajar atau Tidak? Ini Dia Tips Mengatasi Ketakutan Pada Jarum Suntik
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Cemas saat hendak disuntik memang menjadi hal yang wajar bagi setiap orang. Ketika lagi sakit bisa saja kita membutuhkan obat yang dimasukkan melalui jarum suntik ke tubuh kita.

Akan tetapi, karena kita merasa khawatir dan takut, biasanya kita akan mencari cara untuk mengurangi rasa takut kita terhadap jarum suntik. Nah, berikut tips-tips yang bisa dicoba untuk mengurangi rasa takut ketika hendak disuntik.

Konsultasi dengan Konselor

Cobalah konsultasikan rasa takut Anda dengan konselor yang ahli pada bidangnya. Dengan berkonsultasi dengan konselor, akan membantu Anda mengatasi ketakutan terhadap jarum suntik dari sisi psikologis. Bila diperlukan, Anda bisa mendapatkan resep obat pereda kecemasan.

Menggunakan Anestesi Topikal

Anestesi topikal adalah pereda rasa sakit lokal yang dioleskan pada kulit. Jika anestesi ini dioleskan pada bagian yang disuntik, akan memberikan efek kebal (mati rasa). Ini membantu untuk mengurangi rasa sakit pada suntikan.

Berbaring Agar Tubuh Rileks

Posisi berbaring akan membantu Anda untuk merasa rileks. Tidak hanya itu, berbaring juga dapat mencegah gejala takut pada jarum suntik seperti pingsan.

Alihkan Perhatian dengan Mengobrol

Alihkan perhatian Anda ketika hendak disuntik. Anda bisa mengajak ngobrol orang-orang yang menemani Anda. Dengan begitu, perhatian Anda akan teralihkan dan bisa mengurangi rasa sakit ketika jarum suntik dimasukkan.

Dengarkan Musik

Mendengarkan musik juga bisa membantu mengalihkan perhatian Anda pada jarum suntik. Karena Anda menikmati musik yang sedang Anda dengarkan, rasa sakit pada suntikan juga bisa berkurang.

Ambil Nafas Agar Pikiran Tenang

Tenangkan pikiran Anda dengan bernafas dari hidung. Hal ini akan membuat Anda tenang dan rileks serta dapat mengurangi rasa takut Anda. Juga, jauhkan pikira-pikiran yang bisa menambah ketakutan Anda.

Alihkan Pandangan dari Jarum Suntik

Memperhatikan dokter yang hendak menyuntik Anda bisa membuat Anda merasa cemas dan ketakutan. Oleh karena itu, sebaiknya alihkan pandangan Anda dari jarum suntik agar dapat mengurangi kecemasan dan ketakutan yang berlebihan.

(evln)

Komentar
  • HOT !
    Diketahui pada Senin (28/9/2020), kemarin enam anggota tim Persebaya Surabaya dinyatakan positif Covid 19 dengan kondisi tanpa gejala. Jadwal penyelenggaraan Liga 1 juga resmi ditunda oleh PSSI mengingat penyebaran virus corona yang masih aktif....
  • HOT !
    Penyebaran COVID 19 bukan hanya dari cipratan droplet atau udara saja, tetapi penyebaran juga berasal dari permukaan benda benda yang sering disentuh dengan tangan manusia dalam kesehariannya....
  • HOT !
    Celana jeans memang salah satu fashion item yang hampir dipakai semua orang. Celana simple dan nyaman yang dapat dipadukan dengan berbagai macam jenis atasan membuat tampilan menjadi stylish....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)