home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali Penyakit Penyebab Mudah Merasa Lelah

Sabtu, 11 Agustus 2018 18:45 by evelin04 | 2502 hits
Kenali Penyakit Penyebab Mudah Merasa Lelah
Image Source: hallosehat.com

DREAMERS.ID - Banyak melakukan aktivitas memang membuat kita menjadi kelelahan. Ditambah lagi, waktu tidur yang kurang, jarang berolahraga dan minum vitamin akan membuat tubuh kita terasa tidak fit dan tidak berenergi.

Namun, faktor-faktor diatas tidaklah selalu menjadi penyebabnya. Ada faktor lain yang menyebabkan kita mudah kelelahan, seperti hal nya penyakit. Oleh karena itu, simak 6 penyakit yang bisa menjadi faktor kita mudah merasa lelah, yang dilansir laman Popbela.

Anemia

Kurangnya sel darah merah dalam tubuh menjadi salah satu penyebab rasa lelah pada tubuh. Ini dikarenakan saat sel darah berkurang, oksigen pun terhambat sehingga dapat menyebabkan kamu merasa letih dan lesu. Untuk mengatasinya kamu bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Dehidrasi

Kurangnya cairan dalam tubuh tak hanya membuat kulit jadi kering, tapi juga membuat mood jadi buruk dan tubuh mudah lelah. Rasa lelah yang disebabkan oleh dehidrasi biasanya disertai dengan rasa pusing dan urin yang berwarna kuning. Oleh karena itu, pastikan kamu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum minimal delapan gelas air per hari.

Penyakit Tiroid

Baca juga: Pahami 6 Penyebab Obesitas yang Patut Diwaspadai

Hipertiroid yang menyerang kelenjar tiroid biasanya akan membuat otot menjadi lemah dan mudah lelah. Gejalanya pun biasanya disertai dengan berat badan yang turun drastis, tubuh yang selalu terasa hangat, dan menstruasi yang kurang lancar. Untuk mengatasinya, segera berkonsultasi dengan dokter ahli.

Diabetes

Penyakit diabetes juga dapat menyebabkan tubuh merasa letih. Ini karena para penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi gula. Padahal, gula menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Akibatnya, tubuh akan mudah merasa lemas dan tak bertenaga.

Depresi

Depresi tidak hanya memengaruhi tidur serta mood saja, tapi juga dapat membuat tubuh selalu merasa letih. Untuk mengatasi hal ini, cara yang dianjurkan adalah melalui meditasi agar bisa merasa lebih tenang dan rileks.

Sleep Apnea

Sleep Apnea adalah gangguan tidur serius di mana pernapasan sering berhenti selama tidur. Akibatnya, organ tubuh, terutama otak, mungkin tidak mendapat oksigen yang cukup, serta kualitas tidur menjadi buruk, yang dapat membuat kita merasa lelah keesokan harinya. Untuk mengobatinya, kamu dapat menggunakan alat berupa masker yang dapat membantu saluran pernapasan agar menjadi lebih baik.

(evln)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)