home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Navigasi Baru Hingga Atasi Kecanduan Smartphone, Intip Sederet Fitur Menarik Android Pie

Kamis, 09 Agustus 2018 12:44 by fzhchyn | 934 hits
Navigasi Baru Hingga Atasi Kecanduan Smartphone, Intip Sederet Fitur Menarik Android Pie
Image source: 9to5Google

DREAMERS.ID - Sistem operasi (OS) terbaru Google, Android  P akhirnya resmi dirilis. Nama yang dipilih untuk OS Android generasi kesembilan ini adalah Pie! Sejumlah fitur baru pun tentunya dihadirkan Google dalam OS teranyarnya.

1. Navigasi baru

Sebelumnya pada Android kita menemukan tiga tombol di bagian bawah, yakni Home, Back dan Multitasking. Namun di Android Pie hanya ada satu tombol untuk pengoperasiannya. Cara menggunakannya hanya mengeser ke atas untuk membuka app drawer. Geser ke kiri dan kanan untuk membuka aplikasi yang sedang berjalan.

2. Pengaturan lebih sederhana

Fitur menarik lainnya meliputi adaptive battery dan adaptive brightness. Keduanya memanfaatkan machine learning untuk menyesuaikan setting baterai dan layar sesuai kebiasaan penggunanya. Android 9 juga membantu pengguna menyelesaikan berbagai hal lebih cepat dengan App Actions.

Contoh kegunaan fitur ini adalah ketika kita sering menghubungi ibu, maka kontak ibu mungkin nanti akan diletakkan di app drawer secara otomatis. Lalu misalnya kita menyambungkan headphone, lagu di Spotify otomatis berlanjut.

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

3. Slices

Kemampuan lainnya yaitu Slices, yang memungkinkan pengguna lebih gampang memakai aplikasi yang dibutuhkan tanpa harus mengakses. Contohnya saat mencari aplikasi taksi online tertentu, Google akan otomatis menunjukkan di pencarian itu berapa ongkos ke tempat kerja.

4. Mengatasi kecanduan smartphone

Ada beberapa fitur dalam Android P untuk mengontrol pemakaian smartphone. Ada fitur dashboard Digital Welbeing yang menunjukkan seberapa lama pengguna mengakses ponsel dan aplikasi apa yang paling banyak dilihat. Jika merasa 'ngeri', maka pengguna bisa membatasi waktu memakai aplikasi dengan App Timer.

Tak ingin diganggu notifikasi, cukup balikkan ponsel dengan layar ke bawah dan otomatis langsung silent.  Serta ada Wind Down, yang mengaktifkan Night Light dan Do Not Disturb, kemudian memudar layar menjadi grayscale sebelum tidur.

Pembaruan Android Pie telah dikirimkan ke pengguna Pixel. Selanjutnya ponsel yang terdaftar di beta program akan segera mendapatkan update tersebut dalam waktu, meliputi Essential Phone, Oppo R15 Pro, Nokia 7 Plus, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Vivo X21, OnePlus 6.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)