SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Riset Buktikan Dehidrasi Dapat Berpengaruh Terganggunya Kondisi Mental?

Selasa, 07 Agustus 2018 18:00 by evelin04 | 580 hits
Riset Buktikan Dehidrasi Dapat Berpengaruh Terganggunya Kondisi Mental?
Image Source: liputan6.com

DREAMERS.ID - Kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh dehidrasi dan berpengaruh pada kesehatan fisik manusia. Tidak hanya itu, ternyata dehidrasi juga dapat berpengaruhi pada kesehatan mental manusia.

Dilansir dari Kompas, berdasarkan riset terbaru dari Georgia Institute of Technology, Amerika Serikat, membuktikan dehidrasi dapat berpengaruh pada kondisi mental manusia. Terlalu sedikit asupan cairan sangat berbahaya bagi tubuh. Bahkan, terlalu banyak cairan juga menyebabkan tubuh keracunan air.

Menurut laporan TechTimes, mereka yang sulit fokus juga bisa disebabkan karena dehidrasi. Berdasarkan hasil riset baru yang diterbitkan the Medicine & Science in Sports & Exercise journal, dehidrasi pun merusak kinerja kognitif.

Dehidrasi berimbas pada respons seseorang dalam tugas-tugas yang melibatkan perhatian, fungsi eksekutif, dan koordinasi motorik. Kondisi ini terjadi ketika tubuh mengalami defisit air melebihi dua persen dari massa tubuh.

Baca juga: Alasan Minum Es Teh Manis Bukan Teman yang Baik Saat Makan Siang

Menurut Mindy Millard-Stafford, Direktur Georgia Tech's Exercise Physiology Laboratory, ketika mengalami dehidrasi ringan, manusia tak dapat menyelesaikan tugas yang membutuhkan pemrosesan rumit, atau pun tugas yang membutuhkan fokus tinggi.

Terbukti, semakin tinggi tingkat dehidrasi yang dialami oleh para peserta riset, semakin banyak kesalahan yang mereka buat saat mengerjakan tugas yang membutuhkan fokus. Kesalahan dilakukan berulang, seperti menekan tombol dalam pola yang berbeda selama beberapa menit.

Kasus nyata dari kegiatan semacam itu juga termasuk hilangnya fokus selama pertemuan panjang, mengendarai mobil, atau melakukan pekerjaan monoton di pabrik. Bahkan, peneliti berpendapat dehidrasi dapat menyebabkan kecelakaan, terutama bagi mereka yang bekerja dengan alat berat.

Oleh karena itu, untuk menjaga kinerja fisik dan mental, minum air secara teratur, terutama saat cuaca panas, adalah suatu keharusan. Riset ini telah membuktikan ketika kemampuan mental manusia mulai menurun, itu diakibatkan oleh dehidrasi.

(evln)

Komentar
  • HOT !
    Ji Chang Wook terpilih sebagai model global untuk CK Calvin Klein. Hal ini juga membuatnya sebagai aktor Korea pertama yang menjadi model global untuk salah satu lini dari brand fashion asal Amerika itu....
  • HOT !
    Korban meninggal akibat virus corona atau virus Wuhan bertambah menjadi 9 orang. Virus tersebut juga telah menginfeksi 440 orang dan telah menyebar luas, tidak hanyaa di asia saja, namun di Amerika Serikat....
  • HOT !
    Siapa yang tidak menyukai dessert satu ini, sensasi dingin dan manis yang terdapat dalam ice cream tentunya membuat siapa saja akan menyukainya. Bahkan, ice cream dinilai mampu memperbaiki mood yang tidak baik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)