home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Ternyata Hobi Memotret Turunkan Kinerja Otak

Selasa, 07 Agustus 2018 14:22 by dian97 | 1526 hits
Duh, Ternyata Hobi Memotret Turunkan Kinerja Otak
Image source : Pixabay

DREAMERS.ID - Saat ini memotret sudah menjadi hobi banyak orang. Tidak hanya para profesional, kini masyarakat biasanya pun bisa melakukannya. Dengan bermodalkan kamera ponsel yang memilki kualitas dengan resolusi gambar yang tinggi, orang awam bisa memotret objek tertentu seperti makanan, fenomena unik, moment-moment penting dan yang lainnya.

Namun terdapat sisi negatif yang berkaitan dengan kesehatan dibalik hobi memotret ini. Menurut penelitian Fairfield University, mengatakan bila foto dapat menurunkan tingkat memori seseorang.

Foto-foto yang berhasil diabadikan ini terutama dengan menggunakan kamera digital maupun ponsel pintar, dapat membuat memori seseorang terhadap objek yang difoto lebih lemah, dibandingkan jika objek itu diamati dengan seksama. Hal ini membuktikan, jika perkembangan teknologi mengubah interaksi seseorang dengan lingkungannya.

“Orang sering mengeluarkan kamera, karena takut kehilangan momen yang terjadi di depan mereka. Tapi, ketika teknologi diandalkan untuk mengingat momen atau objek, itu berdampak negatif untuk mengingat pengalaman mereka,” ujar penulis utama penelitian, Linda Henkel dikutip dari infojakarta.net.


Image source : Pixnet.net

Baca juga: Keren! Jepretan Jungshin CNBLUE Masuk Final Ajang Penghargaan Fotografi Bergengsi

Linda dan timnya melakukan penelitian yang melibatkan sejumlah mahasiswa dalam percobaan di University’s Bellarmine Museum of Art. Penelitian tersebut dilakukan Linda untuk membuktikan dampak negative yang ditimbulkan. Sejumlah mahasiswa tersebut diminta mengambil catatan khusus dari sebuah objek dengan menggunakan fotografi, atau hanya sekedar mengamati.

Di hari berikutnya mereka diminta untuk menggambarkan objek. Dikutip Medical Daily, Linda menemukan rata-rata peserta yang memerhatikan objek bisa memberikan gambaran lebih jelas, akurat, dan signifikan dibanding peserta yang hanya memotretnya.

Menurut Linda, dengan mengambil objek foto, orang akan mengingat lebih sedikit detail dan lokasi objek. Ia juga menambahkan, memotret juga akan memaksa fotografer membiaskan pengalamannya dari objek melalui tindakan sekunder. Disini otak harus mengorganisasi dua hal yakni objek dan memotret.

“Penelitian ini sangat dikendalikan, sehingga peserta diarahkan untuk memotret objek tertentu, bukan yang lain. Tapi, dalam kehidupan sehari-hari, saat orang memotret sesuatu, berarti hal itu penting bagi mereka,” ucap Linda.

(fdc)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)