home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Resmi Rilis Sistem Operasi Android Pie Sebagai Penerus Oreo

Rabu, 08 Agustus 2018 11:02 by fzhchyn | 755 hits
Google Resmi Rilis Sistem Operasi Android Pie Sebagai Penerus Oreo
Image source: First Post

DREAMERS.ID - Setelah asumsi panjang mengenai kemungkinan nama Android yang baru, Google akhirnya mengumumkan bahwa Android 9.0 diberinama ‘Pie’. Hal ini masih mengikuti tradisi Google yang selalu mengambil inspirasi dari hidangan penutup atau makanan-makanan manis untuk menamai sistem operasinya.

Android 9.0 Pie sebagai penerus Android 8.0 Oreo baru saja resmi dirilis oleh perusahaan pimpinan Sundar Pichai itu. "Secara keseluruhan, (pemilihan nama) ini menunjukkan tujuan yang sama yang kami usung bersama Android," ujar Andrei Popescu, mengutip Detik.

"Kami ingin menyederhanakan user interface, kami ingin membuat penggunaannya lebih sederhana dan makin intuitif. Dan saya pikir itu semua sesuai dengan nama yang sederhana seperti Pie," ujarnya menambahkan.

Sedikit flashback, Android pertama kali menggunakan nama-nama makanan manis atau hidangan penutup pada versi 1.5 dan diberi nama Cupcake. Menariknya, versi alpha Android justru mendapat nama kode Astro Boy.

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Setelah Cupcake, Google terus konsisten dengan penamaannya itu. Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kit Kat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, hingga Oreo jadi nama-nama yang dipilih untuk sistem operasinya dari masa ke masa.

Sebelumnya, Pistachio sempat digadang-gadang menjadi nama kode bagi Android 9 setelah Huawei mengungkapkannya beberapa waktu lalu. Selain itu, Popsicle juga menjadi salah satu nama yang diperkirakan bakal diusung oleh Google lantaran wallpaper Android P yang berlatar belakang seperti es loli.

Untuk saat ini, pembaruan yang ditawarkan sistem operasi tersebut telah dikirimkan ke pengguna Google Pixel. Selanjutnya, ponsel yang terdaftar di beta program akan segera mendapatkan update tersebut dalam waktu, meliputi Essential Phone, Oppo R15 Pro, Nokia 7 Plus, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Vivo X21, dan OnePlus 6.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)