home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fitur Baru Google Maps Tampilkan Bumi Bulat, Pendukung Teori Bumi Datar Kecewa

Selasa, 07 Agustus 2018 07:00 by fzhchyn | 2389 hits
Fitur Baru Google Maps Tampilkan Bumi Bulat, Pendukung Teori Bumi Datar Kecewa
Image source: Android Police

DREAMERS.ID - Google Maps belum lama ini meluncurkan fitur Globe Mode, yang memungkinkan pengguna melihat peta Bumi menjadi berbentuk globe atau bulat jika di-zoom out. Globe Mode dirilis guna mengatasi masalah yang disebut proyeksi Mercator. Masalah ini biasanya muncul dalam peta berbentuk datar yang sebelumnya biasa digunakan.

Hasil rendering tidak memperlihatkan ukuran area yang jauh dari garis khatulistiwa secara akurat jika ditampilkan dalam wujud datar. Contohnya, Greenland terlihat sama besar dengan Afrika walaupun sebenarnya berukuran lebih kecil dari benua tersebut.

"Dengan 3D Globe Mode di Google Maps desktop, proyeksi Greenland tidak lagi seukuran dengan Afrika," demikian pengumuman Google Maps, mengutip Detik. Sejauh ini, Globe Mode baru tersedia di versi desktop. Kemungkinan fungsi tersebut akan diperluas ke mobile, namun belum ada informasi mengenai hal itu dari Google.

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Melansir dari CNET, penambahan fitur semacam ini merupakan upaya Google untuk memperlihatkan wujud dunia yang lebih akurat kepada penggunanya. Upaya yang sama juga dilakukan Google pada layanan Google Earth.

Namun tidak semua pengguna senang dengan update ini. Sebagian dari mereka yang kecewa adalah para pendukung teori Bumi datar. Mereka mengatakan bahwa Globe Mode merupakan teknik pemetaan yang cacat.

"Dari sudut pandang Bumi datar, ini merupakan perubahan dari satu proyeksi yang tidak akurat (Mercator) ke yang lainnya (globe)," kata Social Media Manager Flat Earth Society, Pete Svarrior. "Google Maps adalah produk yang mencoba untuk memperlihatkan apa yang pelanggannya inginkan. Banyak orang yang percaya bahwa Bumi berbentuk globe," tutupnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)