home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kirim Kode Lewat SMS Mulai Tak Aman, Instagram Coba Cara Autentifikasi Baru

Jumat, 20 Juli 2018 11:14 by fzhchyn | 1425 hits
Kirim Kode Lewat SMS Mulai Tak Aman, Instagram Coba Cara Autentifikasi Baru
Image source: iGeeksBlog.com

DREAMERS.ID - Menjaga keamanan sebuah akun media sosial memang sangat penting. Jangan sampai akun diretas hingga disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Beberapa layanan biasanya menerapkan autentifikasi dua faktor, salah satunya Instagram.

Sistem keamanan ganda ini biasanya dilakukan dengan mengirim kode khusus lewat SMS atau kartu SIM pengguna. Namun untuk meningkatkan keamanan, Instagram tengah mencoba cara baru yaitu dengan menggunakan aplikasi autentikator seperti Google Authenticator atau Duo Mobile.  "Kami terus meningkatkan keamanan akun Instagram, termasuk memperkuat autentifikasi dua faktor." kata Instagram kepsda TechCrunch.

Melansir dari CNN, ini adalah sistem pengamanan yang saat ini sering digunakan. Misalnya saat melakukan transkasi kartu kredit, login ke akun Gojek, atau Grab, mereka seringkali mengirimkan kode lewat SMS kepada pengguna.

Baca juga: Jung Ho Yeon Resmi Jadi Aktris Korea dengan Followers Instagram Paling Banyak

Cara ini juga seringkali digunakan ketika pengguna hendak membuat password baru ketika mereka lupa password lama mereka. Instagram menyediakan opsi ini bagi pengguna yang lupa password. Inilah yang disebut autentifikasi dua faktor, pertama menggunakan password pengguna, kedua menggunakan password berupa kode yang dikirim penyedia layanan.

Namun sayangnya autentifikasi ganda lewat SMS ini rupanya mulai banyak disalahgunakan. Caranya dengan melakukan kloning kartu SIM. Sehingga, mereka juga bisa menerima semua kode yang dikirimkan ke nomor ponsel pengguna. Mereka bisa melakukan login ke berbagai akun media sosial, aplikasi, dan sebagainya. Lantas data-data pribadi ini dikoleksi dan dijual di pasar gelap dan deep web agar dibeli dengan bitcoin.

Dengan aplikasi sistem autentifikasi dua faktor tadi, layanan tak perlu mengirimkan kode ke nomor SIM pengguna. Hacker pun tak akan menerima kode autentifikasi tersebut sekalipun mereka memiliki nomor pengguna.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)