SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Melihat Perubahan Tren Menonton Video Lewat Smartphone

Senin, 25 Juni 2018 15:30 by zia92 | 1825 hits
Melihat Perubahan Tren Menonton Video Lewat Smartphone
Image source: CNBC

DREAMERS.ID - Disadari atau tidak, kebiasaan orang dalam menonton video secara online kini sudah berbeda. Jika dulu kita masih menggunakan perangkat desktop atau laptop untuk menikmati konten video, kini orang lebih banyak menonton melalui smartphone atau ponsel pintar. Begitu pula dengan lamanya durasi.

Perubahan tren menonton video lewat smartphone ini setidaknya terjadi selama dua tahun terakhir. Di kuartal pertama tahun 2016, perusahaan analisis video Ooyala melakukan survei terhadap penggunanya yang tersebar di seluruh dunia.

Mengutip CNN, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa 55 persen orang cenderung menonton video pendek yang berdurasi di bawah lima menit. 29 persen orang lebih menyukai video panjang berdurasi di atas 20 menit, dan 16 persen sisanya lebih sering menonton video berdurasi sedang, yakni 5-20 menit.

Baca juga: Susul BTS dan BLACKPINK, Kini BIGBANG Juga Dapatkan Diamond Creator Award dari Youtube

Namun, tren tersebut berubah dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Tahun ini, Ooyola melakukan survei serupa, dan mendapatkan hasil yang sangat berbeda. Sekitar 54 persen orang kini cenderung menghabiskan waktunya menonton video-video berdurasi panjang. 38 persen tetap memilih video berdurasi pendek, dan tinggal 9 persen orang yang lebih menyukai video berdurasi sedang.

Menurut laporan Business Insider, tren ini bisa jadi salah satu alasan Instagram dan Facebook meluncurkan fitur video panjangnya, IGTV. Instagram pada Rabu (20/6) lalu secara resmi memperkenalkan IGTV, platform baru yang memungkinkan pengguna Instagram untuk membagikan video hingga durasi satu jam dengan resolusi 4K.

Walaupun sekarang IGTV belum menerima pengiklan, tetapi CEO Instagram Kevin Systrom mengatakan suatu saat iklan bisa masuk ke IGTV agar para pembuat konten bisa mengantongi keuntungan. Jika nantinya hal ini terjadi, maka tidak hanya kompetitor seperti Snapchat saja yang berada dalam posisi bahaya, tetapi juga YouTube sebagai platform untuk video-video berdurasi panjang.

(fzh)

  • HOT !
     Tak hanya Meraih Medali Emas Asian Games 2018, pasangan bulutangkis ganda putra Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo juga berhasil meraih medali emas pada Japan Open World Tour 750 2018....
  • HOT !
    Apple untuk pertama kalinya menerapkan teknologi dual SIM pada smartphone nya, yang disematkan pada tiga iPhone yang baru saja dirilis. Namun tak seperti kebanyakan ponsel Android yang dua duanya menggunakan kartu SIM konvensional, Apple menggunakan e SIM sebagai salah satu pilihannya....
  • HOT !
    Klub spanyol memang terkenal memberikan gaji pemain yang tidak tanggung, bahkan fantastis pada setiap pemainnya, terlebih pemain anyar mereka. namun kini, Otoritas Sepakbola Spanyol (LPF) memberlakukan pembatasan gaji pada 20 klub peserta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SJFF_INA
Cast : Lee Donghae Park Sang-Mi Choi Hye-Jin Lee Donghyun (Donghae appa) Oh Hye-Sun (Donghae eomma)Dong

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)