SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hindari Terserang Penyakit Saat Mudik, Simak Tips Pencegahannya!

Kamis, 14 Juni 2018 18:00 by zia92 | 3599 hits
Hindari Terserang Penyakit Saat Mudik, Simak Tips Pencegahannya!
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Seluruh umat Muslim akan merayakan hari kemenangan. Tradisi mudik pun tak bisa lepas dari masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama sanak saudara dikampung halaman yang merupakan kebahagiaan tersendiri saat merayakan hari raya Idul Fitri.

Betapapun lelahnya perjalanan mudik yang cukup menguras stamina, orang tetap berbondong-bondong berangkat ke kampung halaman. Karena jauhnya perjalanan, tradisi mudik ini dapat menurunkan kekebalan tubuh. Berada dalam bus bisa sampai seharian penuh membuat tubuh tidak bebas bergerak dan menyebabkan badan pegal. Sehingga dalam perjalanan mudik rentan terserang penyakit.

Saat mudik rentan terserang berbagai penyakit. Selain kurangnya waktu istirahat, penggunaan fasilitas umum yang kadang tidak bersih dan banyak bakteri membuat tubuh mudah terserang infeksi. Dan inilah tiga penyakit paling umum yang dialami saat mudik dirangkum dari berbagai sumber.

1. Infeksi saluran pernapasan

Inilah penyakit yang paling umum menyerang saat mudik. Infeksi saluran pernafasan dikarenakan virus dan bakteri yang dihirup karena udara kotor. Hal ini biasanya terjadi karena saat mudik terjadi kontak dengan banyak orang, berdesak-desakan dan kondisi kekebalan tubuh sedang menurun.

Baca juga: Waspadai Titik-titik Rawan Macet Parah di Arus Balik Mudik Lebaran 2018

2. Diare

Diare dapat disebabkan oleh bateri yang masuk kedalam saluran pencernaan. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan tangan saat mengkonsumsi makanan dalam perjalanan mudik. Kuman diare bisa ada pada wc umum, keran kamar mandi atau bahkan pegangan bus dan mengalami kontak langsung dengan benda-benda yang penuh bakteri.

3. Infeksi saluran kemih

Penyakit ini umumnya dialami oleh para wanita. Infeksi saluran kemih mudah menyerang karena wanita memiliki uretra atau saluran kemih yang bentuknya lebar, luruh dan lebih pendek dari laki-laki. Penyakit ini terjadi karena wanita lebih sering menahan buang air kecil saat mudik, serta kurangnya kebersihan air di toilet umum yang mengandung bakteri sehingga mengundang infeksi saluran kemih.

Itulah penyakit umum yang dijumpai saat mudik lebaran. Untuk mencegahnya penting untuk memperhatikan kebersihan. Saat mudik sediakan masker, tissue basah, serta hand sanitizer sebagai bentuk perlindungan dari bakteri dan kuman. Persiapan kecil ini sangat membantu agar perjalanan mudik dapat berjalan lancar.

(fzh)

  • HOT !
     Tak hanya Meraih Medali Emas Asian Games 2018, pasangan bulutangkis ganda putra Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo juga berhasil meraih medali emas pada Japan Open World Tour 750 2018....
  • HOT !
    Apple untuk pertama kalinya menerapkan teknologi dual SIM pada smartphone nya, yang disematkan pada tiga iPhone yang baru saja dirilis. Namun tak seperti kebanyakan ponsel Android yang dua duanya menggunakan kartu SIM konvensional, Apple menggunakan e SIM sebagai salah satu pilihannya....
  • HOT !
    Klub spanyol memang terkenal memberikan gaji pemain yang tidak tanggung, bahkan fantastis pada setiap pemainnya, terlebih pemain anyar mereka. namun kini, Otoritas Sepakbola Spanyol (LPF) memberlakukan pembatasan gaji pada 20 klub peserta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SJFF_INA
Cast : Lee Donghae Park Sang-Mi Choi Hye-Jin Lee Donghyun (Donghae appa) Oh Hye-Sun (Donghae eomma)Dong

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)