home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Saran Dokter Saat Terjebak Macet Kala Mudik, Buka Jendela atau Nyalakan AC?

Jumat, 08 Juni 2018 11:16 by fzhchyn | 8015 hits
Saran Dokter Saat Terjebak Macet Kala Mudik, Buka Jendela atau Nyalakan AC?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Hanya tinggal sekitar satu minggu lagi bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Itu artinya, momen libur panjang yang dimanfaatkan untuk mudik bagi sebagian besar masyarakat Indonesia juga sebentar lagi akan dimulai.

Tidak sedikit orang yang memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum untuk menuju ke kampung halaman. Namun dari tahun ketahun kemacetan selalu menjadi masalah utama bagi pemudik.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi saat terjebak macet, ada saran dari dr Agus Dwi Susanto SpP(K), ahli pernapasan dari Divisi Paru Kerja dan Lingkungan, Departemen Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. "Untuk mobil ber-AC, tutup jendela dan nyalakan AC mode recirculate. Jangan outdoor circulate," ujar DR dr Agus, mengutip Detik.

Baca juga: Minat Berburu Flash Sale dan Diskon Tiket Mudik KAI? Cek Dulu Info Memesannya!

Meskipun begitu, menurut Agus jika terjebak dalam keadaan macet total dan diperkirakan macet lama, hal tersebut dapat meningkatkan kadar karbondioksida (CO2) dalam mobil. "Jika penumpang banyak dapat meningkatkan C02 dalam kabin yang juga berbahaya. Jadi buka jendela tiap 1 jam selama 5 hingga 10 menit agar CO2 keluar dari kabin," ujar dr Agus.

dr Agus menambahkan jika mobil tidak ber-AC dan mengalami macet saat mudik, maka tidak disarankan menutup jendela. Jika macet total lebih baik mematikan mesin, dan sebaiknya keluar mobil. "Itu punya dampak CO2 naik dalam kabin dan juga panas, jadi bisa dehidrasi dan terkena dampak suhu panas," ujar dr Agus.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)