SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Saran Dokter Saat Terjebak Macet Kala Mudik, Buka Jendela atau Nyalakan AC?

Jumat, 08 Juni 2018 11:16 by zia92 | 7815 hits
Saran Dokter Saat Terjebak Macet Kala Mudik, Buka Jendela atau Nyalakan AC?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Hanya tinggal sekitar satu minggu lagi bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Itu artinya, momen libur panjang yang dimanfaatkan untuk mudik bagi sebagian besar masyarakat Indonesia juga sebentar lagi akan dimulai.

Tidak sedikit orang yang memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum untuk menuju ke kampung halaman. Namun dari tahun ketahun kemacetan selalu menjadi masalah utama bagi pemudik.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi saat terjebak macet, ada saran dari dr Agus Dwi Susanto SpP(K), ahli pernapasan dari Divisi Paru Kerja dan Lingkungan, Departemen Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. "Untuk mobil ber-AC, tutup jendela dan nyalakan AC mode recirculate. Jangan outdoor circulate," ujar DR dr Agus, mengutip Detik.

Baca juga: Waspadai Titik-titik Rawan Macet Parah di Arus Balik Mudik Lebaran 2018

Meskipun begitu, menurut Agus jika terjebak dalam keadaan macet total dan diperkirakan macet lama, hal tersebut dapat meningkatkan kadar karbondioksida (CO2) dalam mobil. "Jika penumpang banyak dapat meningkatkan C02 dalam kabin yang juga berbahaya. Jadi buka jendela tiap 1 jam selama 5 hingga 10 menit agar CO2 keluar dari kabin," ujar dr Agus.

dr Agus menambahkan jika mobil tidak ber-AC dan mengalami macet saat mudik, maka tidak disarankan menutup jendela. Jika macet total lebih baik mematikan mesin, dan sebaiknya keluar mobil. "Itu punya dampak CO2 naik dalam kabin dan juga panas, jadi bisa dehidrasi dan terkena dampak suhu panas," ujar dr Agus.

(fzh)

  • HOT !
    Semakin banyak bocoran dan rumor yang muncul terkait perangkat terbaru Samsung Galaxy S10. Baru baru ini, informasi mengenai harga dan varian smartphone yang disebut membawa pembaruan ini pun bahkan terungkap....
  • HOT !
    Kelebihan lemak pada tubuh sering dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit, seperti kardiovaskular atau diabetes. Namun menurut penelitian terbaru, justru ditemukan adanya hubungan antara tingginya kadar lemak dalam tubuh dengan risiko kanker payudara....
  • HOT !
    Masih lanjutan dari Part 1 sebelumnya, tentang warna dan menu makanan yang ternyata mempengaruhi rasa dari makanan menjadi berbeda. Memang terdengar tidak masuk akal tetapi fakta faktanya membenarkan pernyataan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : meditavs
Cast : Kim Jonghyun,A

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)