SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Saran Dokter Saat Terjebak Macet Kala Mudik, Buka Jendela atau Nyalakan AC?

Jumat, 08 Juni 2018 11:16 by zia92 | 7697 hits
Saran Dokter Saat Terjebak Macet Kala Mudik, Buka Jendela atau Nyalakan AC?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Hanya tinggal sekitar satu minggu lagi bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Itu artinya, momen libur panjang yang dimanfaatkan untuk mudik bagi sebagian besar masyarakat Indonesia juga sebentar lagi akan dimulai.

Tidak sedikit orang yang memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum untuk menuju ke kampung halaman. Namun dari tahun ketahun kemacetan selalu menjadi masalah utama bagi pemudik.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi saat terjebak macet, ada saran dari dr Agus Dwi Susanto SpP(K), ahli pernapasan dari Divisi Paru Kerja dan Lingkungan, Departemen Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. "Untuk mobil ber-AC, tutup jendela dan nyalakan AC mode recirculate. Jangan outdoor circulate," ujar DR dr Agus, mengutip Detik.

Baca juga: Waspadai Titik-titik Rawan Macet Parah di Arus Balik Mudik Lebaran 2018

Meskipun begitu, menurut Agus jika terjebak dalam keadaan macet total dan diperkirakan macet lama, hal tersebut dapat meningkatkan kadar karbondioksida (CO2) dalam mobil. "Jika penumpang banyak dapat meningkatkan C02 dalam kabin yang juga berbahaya. Jadi buka jendela tiap 1 jam selama 5 hingga 10 menit agar CO2 keluar dari kabin," ujar dr Agus.

dr Agus menambahkan jika mobil tidak ber-AC dan mengalami macet saat mudik, maka tidak disarankan menutup jendela. Jika macet total lebih baik mematikan mesin, dan sebaiknya keluar mobil. "Itu punya dampak CO2 naik dalam kabin dan juga panas, jadi bisa dehidrasi dan terkena dampak suhu panas," ujar dr Agus.

(fzh)

  • HOT !
    Bagi kebanyakan wanita, lipstick adalah salah satu produk kecantikan wajib yang sangat diperlukan dan harus ada di segala kesempatan. Hanya dengan sekali pulasan, penampilan wajah bisa berubah cukup signifikan dan tak lagi terlihat pucat....
  • HOT !
    Kain khas Indonesia kadang dianggap kuno dan terlalu bernuansa tradisional. Padahal, dengan model dan corak yang diolah apik, kain tradisional Indonesia bisa menghasilkan busana yang cantik dan bernilai tinggi....
  • HOT !
    Di minggu terakhir bulan Ramadhan, sebagian rutinitas orang sudah berubah dengan disibukkan persiapan libur panjang maupun mudik Lebaran. Saat perjalanan mudik menuju kampung halaman ini, kondisi tubuh tentunya harus fit agar ibadah puasa pun tetap lancar. Jangan karena tubuh tidak bugar, puasa menjadi batal saat melakukan perjalanan mudik....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)