SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Melihat Performa Jaringan 4G LTE Operator Seluler di Indonesia, Siapa Tercepat?

Kamis, 07 Juni 2018 10:30 by zia92 | 2361 hits
Melihat Performa Jaringan 4G LTE Operator Seluler di Indonesia, Siapa Tercepat?
Image source: Grid

DREAMERS.ID - Layanan 4G LTE di Indonesia masih terus tumbuh dalam enam bulan terakhir merurut catatan lembaga riset telekomunikasi OpenSignal. Hampir semua operator seluler telah menyediakan jaringan 4G LTE ini, namun di antara semuanya, siapa yang lebih unggul?

Saat melakukan pengujian sepanjang 1 Februari hingga 1 Mei 2018, OpenSignal melakukan 11 miliar pengujian yang dikumpulkan dari 1,2 juta pengguna. Hasilnya mereka tuangkan dalam laporan bertajuk ‘Kondisi Jaringan Seluler: Indonesia’.

OpenSignal mendapati empat dari lima operator seluler di Indonesia menunjukkan peningkatan dalam metrik ketersediaan 4G. Mengutip Detik, perator Tri mencatat pertumbuhan besar, sampai 4 poin persentase. Sementara Indosat Ooredoo, Smartfren, dan XL Axiata menunjukkan peningkatan sedikitnya 2 poin persentase.

Bila ditotal, Smartfren masih menjadi pemimpin dalam kategori ini dan memimpin dengan selisih 9-poin-persentase dibandingkan saingan terdekatnya dalam metrik ketersediaan 4G OpenSignal. Tetapi operator lain berhasil mempersempit selisih ini. Operator Tri telah melampaui batas ketersediaan 80% dalam pengukuran OpenSignal, sementara XL melampaui ambang batas 75%.

Satu-satunya operator yang dinilai OpenSignal tidak mengalami peningkatan jangkauan LTE adalah Telkomsel, dengan ketersediaan 4G-nya masih bertahan di bawah 70%. Akibatnya, Telkomsel menduduki urutan terakhir dalam peringkat ketersediaan 4G.

Meski begitu, Telkomsel unggul dibandingkan para pesaingnya dalam pengukuran kecepatan pengunduhan 4G. Kecepatan rata-rata pengunduhan yang diujinya, yaitu 12,9 Mbps lebih dari 20% lebih cepat daripada saingan terdekatnya.

Tidak hanya menduduki puncak peringkat kecepatan pengunduhan 4G, Telkomsel juga berada di urutan pertama dalam kecepatan pengunggahan 4G dan pengunduhan 3G. Rata-rata pengunggahan 4G Telkomsel yaitu 7,3 Mbps, sementara pengunggahan HSPA 5 Mbps. Telkomsel turut memenangkan penghargaan latensi 4G kami dengan waktu respons 43,5 milidetik, serta penghargaan latensi 3G 81,2 milidetik.

Sisa satu kategori lagi yakni peningkatan kecepatan 4G. Sayangnya posisi Telkomsel harus tergeser oleh Smartfren. Mereka mampu meningkatkan kecepatan keseluruhan dengan rata-rata pengunduhan 9,8 Mbps, sedangkan rata-rata pengunduhan Telkomsel 8,4 Mbps.

(fzh)

  • HOT !
    Setelah Apple, Samsung nampaknya akan menjadi vendor selanjutnya yang bakal menghilangkan jack audio pada smartphone flagship nya. Sumber terdekat mengatakan bahwa perusahaan asal Korea Selatan tersebut akan mulai mendepak jack audio 3,5 mm tahun depan....
  • HOT !
    Pemilihan menu makan yang beragam dan berbeda setiap harinya memang membuat kita tidak bosan dan dapat meningkatkan nafsu makan. Namun mengkonsumsi makanan yang bervariasi ternyata memungkinkan kamu untuk memakan lebih banyak makanan tidak sehat....
  • HOT !
    Makanan dan minuman manis memang enak di lidah. Sayangnya, kebanyakan mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa berdampak buruk pada angka timbangan berat badan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : eyua
Cast : Park Chanyeol , Do Kyungsoo , Kim Jongin , Oh Sehun , Kim Junmyeon , Byun Baekhyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)