home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Melihat Performa Jaringan 4G LTE Operator Seluler di Indonesia, Siapa Tercepat?

Kamis, 07 Juni 2018 10:30 by fzhchyn | 2567 hits
Melihat Performa Jaringan 4G LTE Operator Seluler di Indonesia, Siapa Tercepat?
Image source: Grid

DREAMERS.ID - Layanan 4G LTE di Indonesia masih terus tumbuh dalam enam bulan terakhir merurut catatan lembaga riset telekomunikasi OpenSignal. Hampir semua operator seluler telah menyediakan jaringan 4G LTE ini, namun di antara semuanya, siapa yang lebih unggul?

Saat melakukan pengujian sepanjang 1 Februari hingga 1 Mei 2018, OpenSignal melakukan 11 miliar pengujian yang dikumpulkan dari 1,2 juta pengguna. Hasilnya mereka tuangkan dalam laporan bertajuk ‘Kondisi Jaringan Seluler: Indonesia’.

OpenSignal mendapati empat dari lima operator seluler di Indonesia menunjukkan peningkatan dalam metrik ketersediaan 4G. Mengutip Detik, perator Tri mencatat pertumbuhan besar, sampai 4 poin persentase. Sementara Indosat Ooredoo, Smartfren, dan XL Axiata menunjukkan peningkatan sedikitnya 2 poin persentase.

Bila ditotal, Smartfren masih menjadi pemimpin dalam kategori ini dan memimpin dengan selisih 9-poin-persentase dibandingkan saingan terdekatnya dalam metrik ketersediaan 4G OpenSignal. Tetapi operator lain berhasil mempersempit selisih ini. Operator Tri telah melampaui batas ketersediaan 80% dalam pengukuran OpenSignal, sementara XL melampaui ambang batas 75%.

Satu-satunya operator yang dinilai OpenSignal tidak mengalami peningkatan jangkauan LTE adalah Telkomsel, dengan ketersediaan 4G-nya masih bertahan di bawah 70%. Akibatnya, Telkomsel menduduki urutan terakhir dalam peringkat ketersediaan 4G.

Meski begitu, Telkomsel unggul dibandingkan para pesaingnya dalam pengukuran kecepatan pengunduhan 4G. Kecepatan rata-rata pengunduhan yang diujinya, yaitu 12,9 Mbps lebih dari 20% lebih cepat daripada saingan terdekatnya.

Tidak hanya menduduki puncak peringkat kecepatan pengunduhan 4G, Telkomsel juga berada di urutan pertama dalam kecepatan pengunggahan 4G dan pengunduhan 3G. Rata-rata pengunggahan 4G Telkomsel yaitu 7,3 Mbps, sementara pengunggahan HSPA 5 Mbps. Telkomsel turut memenangkan penghargaan latensi 4G kami dengan waktu respons 43,5 milidetik, serta penghargaan latensi 3G 81,2 milidetik.

Sisa satu kategori lagi yakni peningkatan kecepatan 4G. Sayangnya posisi Telkomsel harus tergeser oleh Smartfren. Mereka mampu meningkatkan kecepatan keseluruhan dengan rata-rata pengunduhan 9,8 Mbps, sedangkan rata-rata pengunduhan Telkomsel 8,4 Mbps.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)