SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Manfaat Luar Biasa Puasa Bagi Otak dan Psikologis yang Perlu Kamu Tahu

Minggu, 03 Juni 2018 11:34 by zia92 | 7695 hits
Manfaat Luar Biasa Puasa Bagi Otak dan Psikologis yang Perlu Kamu Tahu
Image source: photostock

DREAMERS.ID - Menjalankan ibadan puasa di bulan Ramadhan tak diragukan lagi memiliki berbagai manfaat kesehatan. Selain bisa sebagai detoksifikasi secara alami dan menjaga berat badan, berpuasa juga berdampak pada kesehatan otak.

Kaitan puasa dengan kesehatan otak maupun tubuh manusia diuraikan oleh pakar neurosains Prof dr Taruna Ikrar, MD, MPharm, PhD, dalam buku karangannya berjudul 60 Fakta Kesehatan Mutakhir yang diterbitkan 2016 lalu.

Menurut Taruna, manfaat puasa bagi fungsi dan kesehatan otak dapat dijelaskan secara ilmiah. Dari penelitian plastisitas dan neurogenesis (kelenturan dan perkembangan otak), pada dasarnya sinapsis (jaringan otak) dapat berkembang berdasarkan faktor lingkungan, kejiwaan, dan makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Bagaimana Anjuran Berpuasa di Tengah Pandemi Virus Corona?

“Lewat puasa sebulan penuh, berdasarkan plastisitas, neurogenesis, dan fungsional kompensasi, jaringan otak diperbarui. Terbentuk rute jaringan baru di otak, yang berarti terbentuk pribadi manusia baru secara biologis, psikologis, dan fungsional," katanya, mengutip Kompas.

Penelitian endokrinologi menunjukkan, pola makan yang rotatif saat berpuasa menyebabkan keluarnya hormon sistem pencernaan, seperti amilase dan insulin dalam jumlah besar, sehingga meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan tubuh.

Secara psikologis, ketenangan dan pengendalian emosi saat berpuasa menurunkan adrenalin. "Adrenalin memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pembuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah arterial, serta menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung,” paparnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Makan memang dinilai menjadi solusi yang tepat ketika stress. Meski begitu, hal ini justru dianggap kurang baik. Selain berdampak buruk bagi tubuh, makan berlebihan saat stres juga dapat memicu dampak psikologis yang juga lebih buruk....
  • HOT !
    Apa kabar setelah beberapa minggu berada di dalam rumah, belajar, bekerja dan beribadah dari rumah? Langkah pencegahan ini memang digalakkan pemerintah untuk meminimalisir bahkan memutus rantai penularan virus corona atau COVID 19....
  • HOT !
    Aplikasi WhatsApp akhirnya memutuskan untuk membatasi panjang maksimum untuk status video pengguna WA di India karena dampak wabah virus corona. Pihaknya membatasi status video menjadi 15 detik, dari awalnya memiliki batas maksimum 30 detik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)