home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Assistant Sudah Mengerti Bahasa Indonesia, Begini Cara Mengaktifkannya

Jumat, 01 Juni 2018 21:00 by fzhchyn | 2962 hits
Google Assistant Sudah Mengerti Bahasa Indonesia, Begini Cara Mengaktifkannya
Image source: Android Central

DREAMERS.ID - Pengguna di Indonesia akhirnya dapat menggunakan layanan Google Assistant dengan lebih nyaman. Asisten pribadi buatan Google ini akhirnya resmi hadir dalam Bahasa Indonesia dan sudah tersedia sejak 2 April lalu.

Hadirnya fitur Bahasa Indonesia ini dikatakan telah meningkatkan penggunaan Asisten Google di kalangan pengguna berusia 18-35 tahun. "Yang menarik kami temukan bahwa sepertiga pertanyaan meminta Asisten Google untuk saran sebagai teman," kata Head of Communications Google Indonesia, Jason Tedjakusuma, Kamis (31/5), mengutip Kompas.

Asisten Google juga didukung oleh machine learning untuk memahami maksud dan konteks ucapan pengguna. Yang membedakan Asisten Google dengan mesin pencari Google adalah kemampuannya untuk melakukan actions di smartphone.

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

"Dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas para pengguna, mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps, dan lain-lain," kata Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami.

Penggunaan penelusuran suara (voice search) juga semakin populer di Indonesia. Bahkan Indonesia termasuk 5 negara teratas pengguna voice search. Untuk mengaktifkan Asisten Google ini sangat mudah. Pertama, pengaturan bahasa di smartphone harus Bahasa Indonesia.

Kedua, pastikan aplikasi Google sudah merupakan versi yang paling baru. Ketiga, cukup menekan dan menahan tombol "Home" untuk meluncurkan Asisten Google. Asisten Google ini tersedia untuk smartphone dengan Android versi 5.0 ke atas dan iOS versi 9.1 ke atas.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)