SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awas! Jalankan Puasa Sembarangan Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Ini

Kamis, 31 Mei 2018 19:09 by zia92 | 2822 hits
Awas! Jalankan Puasa Sembarangan Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Ini
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Meski menjalankan ibadah puasa diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan, namun jika dilakukan tanpa aturan, puasa justru akan menjadi bumerang dan berdampak buruk bagi tubuh. Khususnya bagi orang yang memiliki penyakit tertentu.

Karena itulah sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar puasa tak menyebabkan tubuh sakit dan mengalami masalah seperti yang dilansir laman National Health Service berikut.

1. Maag
Puasa biasanya mengurangi jumlah asam dalam lambung yang digunakan untuk mencerna makanan dan membunuh bakteri. Meski begitu, jika memikirkan makanan atau mencium bau makanan dapat membuat otak menyampaikan pesan pada perut untuk memproduksi asam dan memicu maag.

Bagi orang yang biasa mengkonsumsi obat maag, sebaiknya waktu minum obat dibiasakan diganti menjadi saat sahur. Dan hindari makan makanan yang digoreng dan pedas.

2. Diabetes
Bagi orang yang derita diabetes sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menjalankan puasa, karena biasanya mereka harus menyuntikkan insulin secara teratur. Gula darah juga salah satu yang harus dimonitor karena jika gula darah rendah (disebut hypo) bisa sangat berbahaya.

Pusing dan berkeringat biasanya menjadi tanda hypo. Dan jika sudah seperti ini, mereka harus segera minum minuman yang manis atau menaruh gula atau sesuatu yang manis di bawah lidah.

Baca juga: Pentingnya Jaga Kuku Tetap Pendek Selama Pandemi Corona

3. Sakit kepala
Sakit kepala yang dialami saat puasa bisa disebabkan karena dehidrasi atau lapar, kurang istirahat, atau tidak adanya asupan yang biasa dikonsumsi seperti kafein. Pastikan untuk mengkonsumsi banyak cairan dan hindari paparan sinar matahari langsung untuk mencegah sakit kepala.

4. Dehidrasi
Dehidrasi menjadi masalah biasa yang dihadapai saat menjalankan puasa. Karena tubuh akan terus kehilangan cairan dan garam melalui napas, keringat, dan urin. Jika tidak minum cukup air sebelum puasa, maka risiko dehidrasi akan semakin meningkat.

5. Sembelit
Sembelit saat menjalankan puasa bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan sehat, minum banyak air, dan asupan serat dari buah dan sayur.

6. Stress
Kurangnya supan makanan dan minuman, rutinitas dan periode waktu tidur yang berubah bisa menyebabkan stress. Jadi sangat penting untuk menangani sumber stress ini agar tak menyebabkan efek yang berbahaya bagi tubuh.

7. Berat badan
Makanan yang dikonsumsi selama berbuka sampai waktu sahur bisa membuat tubuh mendapat tambahan berat badan yang tidak diinginkan. Jadi jangan makan berlebihan dan jaga aturan makan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Makan memang dinilai menjadi solusi yang tepat ketika stress. Meski begitu, hal ini justru dianggap kurang baik. Selain berdampak buruk bagi tubuh, makan berlebihan saat stres juga dapat memicu dampak psikologis yang juga lebih buruk....
  • HOT !
    Apa kabar setelah beberapa minggu berada di dalam rumah, belajar, bekerja dan beribadah dari rumah? Langkah pencegahan ini memang digalakkan pemerintah untuk meminimalisir bahkan memutus rantai penularan virus corona atau COVID 19....
  • HOT !
    Aplikasi WhatsApp akhirnya memutuskan untuk membatasi panjang maksimum untuk status video pengguna WA di India karena dampak wabah virus corona. Pihaknya membatasi status video menjadi 15 detik, dari awalnya memiliki batas maksimum 30 detik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)