SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Puasa Ternyata Punya Dampak Positif pada Kesehatan Mata

Minggu, 27 Mei 2018 14:30 by zia92 | 1557 hits
Puasa Ternyata Punya Dampak Positif pada Kesehatan Mata
Image source: Health

DREAMERS.ID - Selama satu bulan lamanya, umat Muslim diwajibkan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selain tidak makan dan minum mulai terbitnya matahari sampai menjelang matahari terbenam, kita juga harus menahan hawa nafsu.

Menahan hawa nafsu ini faktornya beragam. Mulai tidak mudah terpancing emosi, tidak mudah marah sampai memberikan maaf terhadap orang yang mencela kita. Hal ini dianggap baik bagi kesehatan jiwa atau psikis seseorang.

Meski tidak secara langsung, tapi puasa juga disebut berdampak positif terhadap kesehatan mata. "Karena tubuh yang sehat karena berpuasa, akan sebabkan beberapa kelainan mata yang berhubungan dengan keadaan kesehatan tubuh akan menjadi stabil atau lebih baik," kata Ketua Komite Medis Rumah Sakit Mata Cicendo Iwan Sovani, mengutip Liputan6.

Baca juga: Minhyuk dan Kihyun Monsta X Berikan Semangat Ramadhan Buat Penggemar yang Berpuasa

Menurut Iwan Sovani, dengan berpuasa, beberapa kelainan mata yang dipengaruhi oleh fakor psikis atau pikiran seperti kelainan mata karena hipertensi, gula, dan sumbatan pembuluh darah retina kondisinya relatif membaik. Hal itu diakibatkan faktor berpuasa juga turut menyebabkan ketenangan pikiran.

Iwan juga menjelaskan bahwa kelainan mata yang dipengaruhi oleh fakor psikis atau pikiran, menyebabkan pembengkakan di daerah makula retina (CSCR : Central Serous Chorioretinopathy). Kemudian Iwan menjelaskan, kelainan mata terjadi karena proses-proses autoimmune disease.

Meski kelainan mata akibat faktor psikis tersebut belum dapat diungkap secara jelas penyebab pastinya, namun hampir semua penderita kelainan mata akibat faktor psikis yang pernah ditemui sering kali mengalami masalah psikis atau pikiran. Kondisi kelainan matanya akan terjadi perbaikan seiring dengan masalah psikis atau pikirannya membaik atau sudah teratasi. 

(fzh)

  • HOT !
    Siapa yang tidak mengenal Bhutan? Suatu negara kecil yang ada di Asia Selatan yang berbentuk kerajaan dan dikenal dengan nama Negeri Naga Guntur. Negara ini terletak di antara India dan Tiongkok. Nama lokal negara ini adalah ‘Druk Yul’ yang berarti 'Negara Naga'....
  • HOT !
    Selama perhelatan Asian Games 2018, pengguna aplikasi Waze akan mendengar suara Dian Sastrowardoyo. Yap, aplikasi berbasis komunitas dan bagian dari perusahaan Google itu menambahkan fitur spesial yaitu suara navigasi yang diisi oleh aktris cantik tersebut....
  • HOT !
    Perangkat terbaru Samsung Galaxy Note 9 diberi gelar smartphone dengan layar terbaik dari DisplayMate. Rasanya hal ini tidak mengherankan mengingat Samsung adalah salah satu pemimpin dalam bidang teknologi dan manufaktur panel display OLED yang mampu memproduksi layar smartphone dengan kualitas cemerlang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Lyra (OC), Jung Taek Woon VIXX, Chansung 2PM, Seok Jin Ah , Min Yoongi BTS, Kim Jong In

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)