SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jarang Terdeteksi, Kenali Gejala Kanker Kulit yang Diidap Menantu Hatta Rajasa

Selasa, 22 Mei 2018 15:00 by zia92 | 2742 hits
Jarang Terdeteksi, Kenali Gejala Kanker Kulit yang Diidap Menantu Hatta Rajasa
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Duka masih menyelimuti keluarga Hatta Rajasa, setelah sang menantu Adara Taista meninggal dunia di Tokyo, Jepang pada 19 Mei lalu. Telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta, Senin (21/5), istri Muhammad Rasyid Rajasa ini dikabarkan meninggal dunia karena menderita kanker kulit.

Melansir CNN Indonesia, sebelum mendapatkan perawatan di Jepang, Adara sempat berobat di Amerika Serikat. Saat menikah dengan Rasyid pada Desember 2017, Adara masih terlihat sehat dengan tubuh yang berisi. Namun pada Maret lalu, tubuhnya mulai terlihat mengalami perubahan menjadi lebih kurus.

Kanker kulit yang diderita Adara merupakan salah satu jenis kanker yang banyak dijumpai di dunia. Di AS, berdasarkan data American Cancer Society, kanker kulit merupakan jenis penyakit kanker yang paling banyak diderita. Sedangkan di Indonesia, jumlah penderita kanker kulit masih di bawah kanker payudara, usus, paru-paru, serviks atau prostat.

Menurut laporan Cancer.org, sebagian besar kanker kulit berkembang perlahan dan memiliki gejala yang tak disadari. Hanya sebagian kecil kanker kulit yang menimbulkan rasa sakit dan biasanya muncul saat sudah dalam stadium lanjut.

MedicineNet menyebut bahwa kanker kulit merupakan jenis kanker yang biasanya dipicu oleh gaya hidup. Salah satu pemicu utama kanker kulit merupakan sinar matahari yang menyengat. Sinar ultraviolet (UV) itu dapat membuat sel-sel kulit berkembang menjadi tumor ganas.

Berikut beberapa merupakan gejala kanker kulit yang dapat diwaspadai:

Baca juga: Setelah Lama Hiatus, Michael Buble Segera Comeback Pasca Pengobatan Kanker Putranya

1. Terdapat perubahan di area kulit
Perubahan di area kulit baik itu ukuran, bentuk dan warna dapat menjadi penanda adanya kelainan. Adanya perubahan pada tahi lalat, kerutan, luka, benjolan, bintik-bintik dan tanda lainnya mesti diwaspadai.

2. Tahi lalat menunjukkan perubahan
Tahi lalat dapat berubah pada penderita kanker kulit, misalnya perubahan pada bagian ujung atau lingkar tahi lalat menjadi tidak beraturan, tidak rata, berlekuk atau semakin buram. Perubahan warna juga patut dicermati. Tahi lalat dapat menjadi kecoklatan, merah, merah muda, putih, hingga membiru.

3. Rasa gatal dan nyeri
Munculnya sensasi yang tak biasa seperti gatal dan nyeri juga menunjukkan tanda kanker kulit. Rasa gatal ini umumnya diikuti dengan luka atau permukaan kulit yang menjadi kasar.

4. Sakit yang tidak sembuh
Luka atau terdapat sakit di kulit yang tak kunjung sembuh juga dapat menjadi gejala dari kanker kulit. Jika luka tak menunjukkan perbaikan dalam dua pekan, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

American Cancer Society bahkan menyarankan untuk rutin memeriksa kulit setidaknya satu kali dalam sebulan. Pemeriksaan itu dilakukan pada semua area kulit termasuk telapak tangan, telapak kaki, kulit kepala, telinga, kuku, dan punggung. Pasalnya, satu dari tiga kanker kulit melanoma pada pria terjadi di punggung.

(fzh)

  • HOT !
    Siapa yang tidak mengenal Bhutan? Suatu negara kecil yang ada di Asia Selatan yang berbentuk kerajaan dan dikenal dengan nama Negeri Naga Guntur. Negara ini terletak di antara India dan Tiongkok. Nama lokal negara ini adalah ‘Druk Yul’ yang berarti 'Negara Naga'....
  • HOT !
    Selama perhelatan Asian Games 2018, pengguna aplikasi Waze akan mendengar suara Dian Sastrowardoyo. Yap, aplikasi berbasis komunitas dan bagian dari perusahaan Google itu menambahkan fitur spesial yaitu suara navigasi yang diisi oleh aktris cantik tersebut....
  • HOT !
    Perangkat terbaru Samsung Galaxy Note 9 diberi gelar smartphone dengan layar terbaik dari DisplayMate. Rasanya hal ini tidak mengherankan mengingat Samsung adalah salah satu pemimpin dalam bidang teknologi dan manufaktur panel display OLED yang mampu memproduksi layar smartphone dengan kualitas cemerlang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Lyra (OC), Jung Taek Woon VIXX, Chansung 2PM, Seok Jin Ah , Min Yoongi BTS, Kim Jong In

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)