SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Penjelasan Secara Ilmiah Soal Suara 'Yanny vs Laurel' yang Viral

Kamis, 17 Mei 2018 14:04 by zia92 | 2427 hits
Begini Penjelasan Secara Ilmiah Soal Suara 'Yanny vs Laurel' yang Viral
Image source: Wired

DREAMERS.ID - Netizen di media sosial tengah dihebohkan dengan file rekaman suara yang memicu perdebatan. Pasalnya, dalam rekaman berdurasi sangat singkat tersebut sebagaian netizen mendengar kata ‘Yanny’ namun sebagian lainnya mendengar kata ‘Laurel’.

Hal ini kemudian menarik perhatian dan banyak yang penasaran mengenai apa alasan perbedaan pendengaran dari banyak orang tersebut. Rupanya, hal ini terkait dengan rekaman yang dilakukan. "Ini bukan (rekaman) berkualitas sangat tinggi. Dan itu memungkinkan ada beberapa ambiguitas," ungkap Brad Story, seorang profesor ahli berbicara, bahasa, dan pendengaran dikutip dari CNN.

Selain itu, Story menyebut bahwa cara orang mendengar (alat yang digunakan) juga mempengaruhi perbedaan pendapat ini. Ia kemudian melakukan analisis akustik terhadap rekaman tersebut dari komputer dan merekam suaranya sendiri ketika mengucapkan "Yanny" dan "Laurel" sebagai perbandingan.

"Ketika saya menganalisis rekaman Laurel, resonansi ketika sangat tinggi untuk huruf L. Resonansi turun untuk huruf R dan naik lagi pada L," ujarnya. "Hal yang menarik tentang kata Yanny adalah frekuensi kedua yang dihasilkan jalur vokal kita mengikuti jalur yang hampir sama, dalam hal apa yang tampak seperti spektografis, seperti Laurel," sambungnya.

Baca juga: Heboh Netizen Perdebatkan Rekaman Suara Misterius 'Yanny vs Laurel'

Dengan kata lain, ini berhubungan dengan kualitas suara yang didengar. "Jika Anda memiliki kualitas rekaman yang rendah, tidak mengherankan jika beberapa orang akan bingung resonansi kedua dan ketiga, sehingga mendengar kata Yanny bukannya Laurel," Story menjelaskan.

Profesor yang bekerja di Universitas Arizona itu juga menyebut, jika kita mengubah nada asli rekaman itu maka kedua kata akan terdengar. "Kemungkinan besar rekaman asli adalah kata 'Laurel'," tuturnya, mengutip Kompas.

Laurel.
Yanny.
Laurel.
Yanny.

Whichever one you're hearing, here's how a small change to the audio could help you know how the other half lives. https://t.co/QJm5iw7f3X pic.twitter.com/Qpv0mB6tOa

— CNN (@CNN) May 17, 2018

(fzh)

  • HOT !
    Meski telah banyak acara atau pun festival kekinian yang digelar di Negeri Gingseng, tapi jangan lupakan pula festival yang telah digelar sejak lama karena tak kalah menarik dan mempesona. Terutama soal alam, Korea Selatan juga memiliki pemandangan yang cantik, bahkan untuk ‘dinikmati’ di malam hari....
  • HOT !
    Meski telah lewat beberapa hari, namun vibe dari royal wedding antara Pangeran Harry dan Meghan Markle memang masih terasa hingga saat ini. Sejumlah media pun masih membahas beberapa fakta terkait pernikahan yang digelar pada Sabtu, 19 Mei 2018 lalu....
  • HOT !
    Masih banyak pengguna yang tak menyadari dampak buruk dari kecanduan media sosial. Namun bagi sejumlah perusahaan pembuat platform jejaring sosial, durasi akses media sosial yang terlalu lama ini sudah mulai menjadi perhatian yang serius....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)