SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Orang Gemar Makan Makanan Berlemak Saat Sedih Atau Galau

Rabu, 16 Mei 2018 11:53 by arnanda | 1195 hits
Alasan Orang Gemar Makan Makanan Berlemak Saat Sedih Atau Galau
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Makan memang kerap kali jadi salah satu solusi saat seseorang tengah sedih atau galau. Proses mengunyah makanan yang masuk ke dalam mulut sering kali dianggap dapat mengurangi beban pikiran oleh banyak orang.

Melansir berbagai sumber, kegiatan makan bukan hanya proses memasukkan makanan ke dalam mulut atau kegiatan biologis semata namun berkaitan erat dengan pikiran dan emosi. Suasana hati ikut berperan pada pilihan makanan dan jumlah makanan yang diasup. Itu sebabnya, ketika orang merasa sedih atau galau saat itulah mereka mencari cara untuk menghibur diri, salah satunya dengan makan. 


Image source: Detik

Ternyata, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, para peneliti menemukan hubungan antara makan cokelat dan depresi. Dikatakan bahwa cokelat mengandung bahan-bahan yang dikenal bisa memperbaiki suasana hati. Tak hanya cokelat, saat sedang galau ataupun sedih orang memang dengan kerap menyantap makana berlemak.


Image source: kitchme

“Orang makan lebih banyak untuk menenangkan diri dan mengalihkan perhatian mereka dari situasi saat ini. Mereka beralih ke makanan yang mengandung gula dan tinggi lemak agar merasa lega. Hormon juga memainkan peran penting dalam perubahan suasana hati,” ujar Ahli Nutrisi Dr. Rupali Datta, dikutip dari Detik.

Jadi, semakin banyak makanan yang dimakan, otak mulai kecanduan makanan. Ketika sedang sedih, maka psikis cenderung mendorong untuk makan lebih banyak. Orang cenderung menggunakan makanan untuk mengobati diri sendiri, yang diharapkan bisa membantu mengurangi perasaan negatif atau tidak nyaman. 

Alasan lainnya adalah makanan bisa meningkatkan kadar serotin yakni zat kimia dalam otak yang mengubah suasana hati menjadi lebih tenang. 

(nnd)

  • HOT !
    Pesona kecantikan Irene tidak hanya mampu menghipnotis para penggemar idola K Pop saja, melainkan juga brand brand mewah untuk menjadikannya sebagai model atau brand ambassador, salah satunya adalah brand perhiasan mewah asal Italia, DAMIANI....
  • HOT !
    Stasiun Televisi Iran membatalkan siaran langsung duel dua tim Bundesliga, Bayern Munich dan Augsburg. Sebab laga tersebut dipimpin oleh wasit perempuan, Bibiana Steinhaus....
  • HOT !
    Banyak orang yang beranggapan jika sarapan dapat menunjang kemampuan otak dan memicu kecerdasan. Namun rupanya makan siang tak kalah penting bagi kecerdasan otak terutama anak anak, berdasarkan sebuah penelitian di India....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)