SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Orang Gemar Makan Makanan Berlemak Saat Sedih Atau Galau

Rabu, 16 Mei 2018 11:53 by arnanda | 1058 hits
Alasan Orang Gemar Makan Makanan Berlemak Saat Sedih Atau Galau
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Makan memang kerap kali jadi salah satu solusi saat seseorang tengah sedih atau galau. Proses mengunyah makanan yang masuk ke dalam mulut sering kali dianggap dapat mengurangi beban pikiran oleh banyak orang.

Melansir berbagai sumber, kegiatan makan bukan hanya proses memasukkan makanan ke dalam mulut atau kegiatan biologis semata namun berkaitan erat dengan pikiran dan emosi. Suasana hati ikut berperan pada pilihan makanan dan jumlah makanan yang diasup. Itu sebabnya, ketika orang merasa sedih atau galau saat itulah mereka mencari cara untuk menghibur diri, salah satunya dengan makan. 


Image source: Detik

Ternyata, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, para peneliti menemukan hubungan antara makan cokelat dan depresi. Dikatakan bahwa cokelat mengandung bahan-bahan yang dikenal bisa memperbaiki suasana hati. Tak hanya cokelat, saat sedang galau ataupun sedih orang memang dengan kerap menyantap makana berlemak.


Image source: kitchme

“Orang makan lebih banyak untuk menenangkan diri dan mengalihkan perhatian mereka dari situasi saat ini. Mereka beralih ke makanan yang mengandung gula dan tinggi lemak agar merasa lega. Hormon juga memainkan peran penting dalam perubahan suasana hati,” ujar Ahli Nutrisi Dr. Rupali Datta, dikutip dari Detik.

Jadi, semakin banyak makanan yang dimakan, otak mulai kecanduan makanan. Ketika sedang sedih, maka psikis cenderung mendorong untuk makan lebih banyak. Orang cenderung menggunakan makanan untuk mengobati diri sendiri, yang diharapkan bisa membantu mengurangi perasaan negatif atau tidak nyaman. 

Alasan lainnya adalah makanan bisa meningkatkan kadar serotin yakni zat kimia dalam otak yang mengubah suasana hati menjadi lebih tenang. 

(nnd)

  • HOT !
    Meski telah banyak acara atau pun festival kekinian yang digelar di Negeri Gingseng, tapi jangan lupakan pula festival yang telah digelar sejak lama karena tak kalah menarik dan mempesona. Terutama soal alam, Korea Selatan juga memiliki pemandangan yang cantik, bahkan untuk ‘dinikmati’ di malam hari....
  • HOT !
    Meski telah lewat beberapa hari, namun vibe dari royal wedding antara Pangeran Harry dan Meghan Markle memang masih terasa hingga saat ini. Sejumlah media pun masih membahas beberapa fakta terkait pernikahan yang digelar pada Sabtu, 19 Mei 2018 lalu....
  • HOT !
    Masih banyak pengguna yang tak menyadari dampak buruk dari kecanduan media sosial. Namun bagi sejumlah perusahaan pembuat platform jejaring sosial, durasi akses media sosial yang terlalu lama ini sudah mulai menjadi perhatian yang serius....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)