DREAMERS.ID - Platform berbagi konten video milik Google, YouTube menjadi salah satu layanan yang paling banyak dinikmati pengguna. Jika selama ini banyak yang menganggap bahwa konten YouTube kebanyakan dikonsumsi pengguna di kota-kota besar (urban), maka anggapan tersebut ditepih oleh pihak Google Indonesia.
Dalam survei yang dilakukan Google Indonesia dengan Kantar pada Januari 2018 lalu, diketahui bahwa penonton YouTube di kota-kota kecil atau daerah (rural) juga banyak. Hanya saja, jenis konten yang dikonsumsi berbeda.
Menurut Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, penonton YouTube di kawasan luar kota besar (rural), lebih banyak mengonsumsi video-video entertainment dan sepakbola. "Dari sisi konten, pengguna di rural area lebih straightforward, mereka relaksasi dengan hiburan gosip, apa pun channel-nya yang ditonton gosip dan sepakbola," katanya, mengutip laporan Kompas.
Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan
Sementara penonton YouTube di wilayah perkotaan atau urban area lebih banyak mengonsumsi video-video yang bervariasi, seperti musik, komedi, travel, dan lifestyle. Mereka juga menggunakan untuk edukasi, seperti menonton video-video tutorial.Perbedaan konten yang dikonsumsi antara pengguna YouTube di perkotaan dan di daerah ini tak lepas dari infrastruktur telekomunikasi. Menurut Vero, di perkotaan banyak terdapat WiFi publik di cafe, restoran, atau sekolah. Sementara pengguna di daerah masih mengandalkan koneksi seluler 3G dan 4G.
(fzh)