home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dapatkan Manfaat Kesehatan dari Puasa dengan Menghindari Hal-hal Ini

Rabu, 16 Mei 2018 19:00 by fzhchyn | 1370 hits
Dapatkan Manfaat Kesehatan dari Puasa dengan Menghindari Hal-hal Ini
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Tak hanya sebagai kewajiban umat Muslim saat Ramadhan tiba, menjalani ibadah puasa juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh secara alami.

Namun jika makanan yang dikonsumsi tidak tepat, maka manfaat puasa tersebut menjadi tidak maksimal. Selain itu, memperhatikan asupan saat berbuka dan sahur juga penting demi kelancaran ibadan puasa. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu dihindari saat berpuasa menurut ahli gizi Rita Ramayulis.

1. Berbuka dengan makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memperberat kerja organ pencernaan tubuh, akibatnya tubuh mudah lelah. "Saat berpuasa organ tubuh mau detoks, kerja ringan. Konsumsi gorengan (makanan yang digoreng), dicerna dengan enzim lipase di mulut, enggak selesai lalu ke lambung, ke usus halus, berat kerjanya. Makanya sebaiknya konsumsi makanan yang digoreng pindah saat makan malam," kata Rita, mengutip Antara.

2. Berbuka puasa dan sahur dengan minuman yang mengandung sukrosa

Saat berbuka puasa kita, perlu segera menaikkan kadar gula darah hingga menjadi stabil. Sukrosa saja tak cukup, namun diperlukan juga glukosa dan fruktosa. Karena itu jangan minum teh manis yang hanya mengandung sukrosa, tapi konsumsi kurma. Buah ini sangat disarankan karena kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosanya. Di samping itu kurma juga kaya serat, kalium, potassium dan vitamin A. Selain itu, jus mangga, pisang dan pepaya juga bisa menjadi pilihan. 

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

3. Sahur dengan total lemak tinggi

"Saat sahur, penuhi kebutuhan energi dan zat gizi. Pilih makanan yang bisa dicerna lebih lambat dan bertahap. Pilihlah makanan yang mengandung protein rendah lemak agar tubuh tak mudah lelah," kata Rita. Makanan tinggi lemak antara lain makanan yang digoreng.

4. Makanan perangsang asam lambung

Berbuka puasa dan sahur dengan makanan yang merangsang asam lambung sebaiknya dihindari. Misalnya makanan yang terlalu pedas, asam, terlalu manis dan mengandung kafein tidak baik dikonsumsi langsung untuk perut yang kosong dalam waktu yang lama.

5. Makanan yang mengandung gas

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gas seperti nangka, kol, durian dan minuman berkarbonasi juga jangan dijadikan menu berbuka dan sahur selama puasa. Karena makanan dan minuman ini akan membuat perut tidak nyaman.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)