SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Persiapan Jelang Ramadhan, Simak Tipsnya Agar Puasa Tetap Lancar

Senin, 14 Mei 2018 13:30 by zia92 | 2127 hits
Persiapan Jelang Ramadhan, Simak Tipsnya Agar Puasa Tetap Lancar
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Umat Muslim di seluruh dunia akan segera bertemu kembali dengan bulan Ramadhan dalam hitungan hari. Segala persiapan tentunya diperlukan, termasuk fisik yang akan mengalami perubahan waktu makan dan sistem dalam tubuh.

Saat menjalankan ibadah puasa, selama lebih dari 13 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman. Perubahan drastis ini tentu membuat tubuh ‘kaget’ dan perlu beradaptasi. Nah agar tubuh tidak kaget dan cepat beradaptasi saat menjalankan puasa di hari-hari pertama, berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Puasa sunnah
Menjalankan puasa sunnah sebelum resmi memasuki bulan Ramadhan bisa dianggap sebagai masa adaptasi agar tubuh tidak begitu kaget atau lemas saat awal puasa. Hal ini juga akan membuat tubuh terbiasa dengan pola makan baru.

2. Pola konsumsi obat
Bagi penderita diabetes atau penyakit lainnya yang terbiasa mengkonsumsi obat, mulailah untuk terbiasa mengkonsumsi obat dua kali sehari. Sehingga saat bulan Ramadhan, hanya pergeseran waktu minum obatnya saja yang berubah yaitu saat buka dan sahur.

Baca juga: Minhyuk dan Kihyun Monsta X Berikan Semangat Ramadhan Buat Penggemar yang Berpuasa

3. Beraktivitas seperti biasa
Datangnya bulan puasa bukan berarti mengurangi aktifitas, karena takut merasa capek dan lelah karena cuaca panas dan sedang puasa. Justru yang harus dilakukan adalah mendengarkan sinyal tubuh dan percayakan bahwa tubuh mampu menghadapi apapun. Jadi, puasa bukan menjadi alasan untuk menjadi malas beraktivitas.

4. Menjaga kualitas makanan
Tidak perlu mengurangi porsi makanan sebelum datang bulan puasa. Namun yang perlu dilakukan adalah menjaga kualitas makanan agar nutrisi, vitamin, dan serat di dalam tubuh tetap terpenuhi.

5. Minum banyak air
Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, maka saat sahur usahakan minum air mineral sebanyak delapan gelas. Kemudian hindari minuman manis dan bersoda, serta makanan-makanan manis saat sahur.

(fzh)

  • HOT !
    Siapa yang tidak mengenal Sumatera Barat? Daerah yang sangat terkenal dengan makanan dan budayanya. Tidak hanya makanan dari Sumatera Barat saja yang terkenal tetapi ia juga memiliki keindahan alam yang sangat menarik dan beragam....
  • HOT !
    Indonesia tidak hanya kaya dengan alam dan budaya, tetapi juga kaya dengan berbagai macam kuliner khas nusantara yang tentu saja akan membuat kalian akan lebih mencintai Indonesia dengan segala kekayaan yang ada di dalamnya....
  • HOT !
      Kejuaraan bulu tangkis BWF World Tour Super 750, Japan Open 2018 telah berakhir Minggu (16/9/2018). Lima juara dari lima nomor yang dipertandingkan di final, telah naik podium. Indonesia berhasil meraih satu gelar pada nomor ganda putra lewat pasangan nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SJFF_INA
Cast : Lee Donghae Park Sang-Mi Choi Hye-Jin Lee Donghyun (Donghae appa) Oh Hye-Sun (Donghae eomma)Dong

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)