SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Persiapan Jelang Ramadhan, Simak Tipsnya Agar Puasa Tetap Lancar

Senin, 14 Mei 2018 13:30 by zia92 | 2040 hits
Persiapan Jelang Ramadhan, Simak Tipsnya Agar Puasa Tetap Lancar
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Umat Muslim di seluruh dunia akan segera bertemu kembali dengan bulan Ramadhan dalam hitungan hari. Segala persiapan tentunya diperlukan, termasuk fisik yang akan mengalami perubahan waktu makan dan sistem dalam tubuh.

Saat menjalankan ibadah puasa, selama lebih dari 13 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman. Perubahan drastis ini tentu membuat tubuh ‘kaget’ dan perlu beradaptasi. Nah agar tubuh tidak kaget dan cepat beradaptasi saat menjalankan puasa di hari-hari pertama, berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Puasa sunnah
Menjalankan puasa sunnah sebelum resmi memasuki bulan Ramadhan bisa dianggap sebagai masa adaptasi agar tubuh tidak begitu kaget atau lemas saat awal puasa. Hal ini juga akan membuat tubuh terbiasa dengan pola makan baru.

2. Pola konsumsi obat
Bagi penderita diabetes atau penyakit lainnya yang terbiasa mengkonsumsi obat, mulailah untuk terbiasa mengkonsumsi obat dua kali sehari. Sehingga saat bulan Ramadhan, hanya pergeseran waktu minum obatnya saja yang berubah yaitu saat buka dan sahur.

Baca juga: Kebiasaan Baik yang Perlu Dilakukan untuk Cegah Bau Mulut Saat Puasa

3. Beraktivitas seperti biasa
Datangnya bulan puasa bukan berarti mengurangi aktifitas, karena takut merasa capek dan lelah karena cuaca panas dan sedang puasa. Justru yang harus dilakukan adalah mendengarkan sinyal tubuh dan percayakan bahwa tubuh mampu menghadapi apapun. Jadi, puasa bukan menjadi alasan untuk menjadi malas beraktivitas.

4. Menjaga kualitas makanan
Tidak perlu mengurangi porsi makanan sebelum datang bulan puasa. Namun yang perlu dilakukan adalah menjaga kualitas makanan agar nutrisi, vitamin, dan serat di dalam tubuh tetap terpenuhi.

5. Minum banyak air
Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, maka saat sahur usahakan minum air mineral sebanyak delapan gelas. Kemudian hindari minuman manis dan bersoda, serta makanan-makanan manis saat sahur.

(fzh)

  • HOT !
     Billboard Music Awards 2018 baru saja selesai diselenggarakan di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas. Ajang penghargaan musik ini dipandu oleh penyanyi jebolan American Idol, Kelly Clarkson. Ini adalah pertama kalinya Kelly mendapat kepercayaan menjadi presenter....
  • HOT !
    Menahan lapar, haus, dan hawa nafsu saat bulan puasa memang wajib hukumnya bagi umat Muslim. Namun kamu juga bisa memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk melakukan ‘puasa’ lainnya, seperti puasa memakai gadget....
  • HOT !
    Tak hanya sebagai kewajiban umat Muslim saat Ramadhan tiba, menjalani ibadah puasa juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh secara alami....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)