SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati, Keseringan Pegang Ponsel Hanya Dengan Satu Tangan Beri Dampak Berbahaya

Rabu, 18 April 2018 10:32 by Leha96 | 1665 hits
Hati-hati, Keseringan Pegang Ponsel Hanya Dengan Satu Tangan Beri Dampak Berbahaya
Image source : Healthchosun

DREAMERS.ID - Di jaman teknologi canggih ini sudah tidak aneh lagi jika banyak yang sudah memegang handphone atau ponsel, bahkan anak kecil pun sekarang sudah banyak yang memiliki ponsel.

Walaupun ponsel kini teknologi yang memang dibutuhkan setiap orang, tetapi ponsel juga memiliki dampak jangka panjang bagi kesehatan. Selain membuat ketagihan, baru-baru ini juga sebuah penelitian melihat dampak yang diakibatkan ponsel terhadap kesehatan.

Akhir-akhir ini sering sekali terlihat orang-orang memainkan ponsel hanya dengan sebelah tangan. Para peneliti National Taiwan University Hospital meneliti bahwa sering memegang gadget dengan satu tangan dianggap dapat berakibat buruk untuk kesehatan.


Image source : trainerhouse

Memainkan ponsel dengan satu tangan dalam jangka waktu panjang bisa membuat otot berkontraksi lebih sering dan memberi tekanan pada tangan serta bagian ibu jari. Tekanan disebabkan karena tangan menahan berat dari ponsel. Gejala yang sering muncul biasanya rasa nyeri otot pada lengan.

Leung Wai Man, salah satu dokter dari rumah sakit National Taiwan University mengatakan, setiap posisi tangan yang memegang ponsel memiliki kelemahannya masing-masing. Dan yang paling parahnya adalah posisi satu tangan.


Image source : tistory/likejkb

Tidak hanya berdampak pada otot lengan saja, yaitu gangguan pada leher juga. Menurut Leung, menundukkan leher untuk melihat ke layar ponsel dapat menyebabkan kondisi bungkuk pada leher dengan kemiringan 15 derajat serta menimbulkan otot tegang pada leher.

Dampaknya yang muncul adalah kita mudah lelah, sakit kepala, dan sakit leher serta pegal-pegal. Jadi, jika terbiasa memainkan Handphone dengan satu tangan alangkah baiknya jika diselingi istirahat sejenak untuk meregangkan otot.

Tim medis juga menyarankan agar tidak menatap layar ponsel terlalu lama, karena cahaya biru dari ponsel dianggap dapat merusak sel retina mata dan mengganggu siklus tidur. Maka dari itu, mulai sekarang kita kurangi memakai ponsel secara berlebihan agar terhindar dari gangguan kesehatan. 

(elha)

  • HOT !
    Pesona kecantikan Irene tidak hanya mampu menghipnotis para penggemar idola K Pop saja, melainkan juga brand brand mewah untuk menjadikannya sebagai model atau brand ambassador, salah satunya adalah brand perhiasan mewah asal Italia, DAMIANI....
  • HOT !
    Stasiun Televisi Iran membatalkan siaran langsung duel dua tim Bundesliga, Bayern Munich dan Augsburg. Sebab laga tersebut dipimpin oleh wasit perempuan, Bibiana Steinhaus....
  • HOT !
    Banyak orang yang beranggapan jika sarapan dapat menunjang kemampuan otak dan memicu kecerdasan. Namun rupanya makan siang tak kalah penting bagi kecerdasan otak terutama anak anak, berdasarkan sebuah penelitian di India....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)