SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Cara Mengecek Apakah Kamu Jadi Korban Kebocoran Data Facebook

Senin, 16 April 2018 18:00 by zia92 | 2915 hits
Begini Cara Mengecek Apakah Kamu Jadi Korban Kebocoran Data Facebook
Image source: Tech Juice

DREAMERS.ID - Laporan menyebutkan bahwa data dari 87 juta pengguna Facebook telah bocor ke perusahaan konsultan politik di London, Cambridge Analytica. Rupanya, para pengguna Facebook pun bakal dapat mengetahui apakah mereka termasuk menjadi korban kebocoran data tersebut.

Melansir Kompas, Facebook mulai mengirim pemberitahuan kepada pengguna tentang “pembobolan data" ini mulai Senin (9/4). Setiap pemegang akun akan mendapatkan notifikasi apakah data mereka terakses atau tidak. Facebook mengatakan para pengguna juga akan diperlihatkan aplikasi yang mereka gunakan dan data apa saja yang diperoleh aplikasi tersebut.

Jika notifikasi ini belum juga diterima, pengguna bisa login ke Facebook dan mengunjungi tautan ini dan Facebook akan memberi tahu apakah datamu dipakai oleh Cambridge Analytica atau tidak. Ini dianggap sebagai cara yang paling praktis sambil menunggu pemberitahuan resmi dari Facebook.

Baca juga: Ternyata Aplikasi Kuis di Facebook Ini yang Jadi 'Jalan' Bocornya Data Pengguna

Dalam perkembangan terkait, Facebook membekukan perusahaan analisis data Cubeyou untuk mengetahui apakah data pengguna diambil untuk kepentingan akademis dan kemudian dipakai secara komersial. Dari 87 juta data pengguna yang bocor, 1,1 juta diantaranya merupakan pengguna di Indonesia.

Melalui e-mail yang dikirim ke Bloomberg, salah satu wakil presiden Facebook, Ime Archibong, mengatakan bahwa aplikasi-aplikasi Cubeyou akan dilarang dipasang di Facebook jika tak bersedia diaudit atau tak lolos investigasi.

Media di AS, CNBC, menduga Cubeyou melakukan seperti apa yang dilakukan Cambridge Analytica, yaitu mengambil data pengguna tanpa izin melalui aplikasi kuis 'You Are What You Like'. Tuduhan tersebut dibantah oleh Cubeyou dan mengatakan sejak awal mematuhi aturan Facebook. Namun Universitas Cambridge menegaskan bahwa aplikasi kuis secara jelas menyebutkan bahwa data pengguna akan dipakai baik untuk kepentingan akademis maupun komersial.

(fzh)

  • HOT !
    Setiap orang memiliki hobi dan cara masing masing untuk menghilangkan rasa penat atau menenangkan diri. Biasanya mereka pergi ke luar negeri untuk mencari pengalaman dan menambah wawasan bahkan menambah teman baru....
  • HOT !
    Bagi kamu yang sering melihat list ingredients dari produk skincare, tentu sudah tidak awam lagi dengan kandungan acid atau asam. Formula ini nyatanya memiliki segudang manfaat untuk kulit, mulai dari mencegah penuaan, menyamarkan noda, hingga membasmi penyebab tumbuhnya jerawat....
  • HOT !
    Girl group EXID menghiasi majalah CeCi Korea edisi Mei 2018. Untuk pemotretannya, keempat member menampilkan gaya ‘retro girl’ tahun 90 an yang sesuai dengan konsep comeback mereka beberapa waktu yang lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)