SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Cara Mengecek Apakah Kamu Jadi Korban Kebocoran Data Facebook

Senin, 16 April 2018 18:00 by zia92 | 2926 hits
Begini Cara Mengecek Apakah Kamu Jadi Korban Kebocoran Data Facebook
Image source: Tech Juice

DREAMERS.ID - Laporan menyebutkan bahwa data dari 87 juta pengguna Facebook telah bocor ke perusahaan konsultan politik di London, Cambridge Analytica. Rupanya, para pengguna Facebook pun bakal dapat mengetahui apakah mereka termasuk menjadi korban kebocoran data tersebut.

Melansir Kompas, Facebook mulai mengirim pemberitahuan kepada pengguna tentang “pembobolan data" ini mulai Senin (9/4). Setiap pemegang akun akan mendapatkan notifikasi apakah data mereka terakses atau tidak. Facebook mengatakan para pengguna juga akan diperlihatkan aplikasi yang mereka gunakan dan data apa saja yang diperoleh aplikasi tersebut.

Jika notifikasi ini belum juga diterima, pengguna bisa login ke Facebook dan mengunjungi tautan ini dan Facebook akan memberi tahu apakah datamu dipakai oleh Cambridge Analytica atau tidak. Ini dianggap sebagai cara yang paling praktis sambil menunggu pemberitahuan resmi dari Facebook.

Baca juga: Ternyata Aplikasi Kuis di Facebook Ini yang Jadi 'Jalan' Bocornya Data Pengguna

Dalam perkembangan terkait, Facebook membekukan perusahaan analisis data Cubeyou untuk mengetahui apakah data pengguna diambil untuk kepentingan akademis dan kemudian dipakai secara komersial. Dari 87 juta data pengguna yang bocor, 1,1 juta diantaranya merupakan pengguna di Indonesia.

Melalui e-mail yang dikirim ke Bloomberg, salah satu wakil presiden Facebook, Ime Archibong, mengatakan bahwa aplikasi-aplikasi Cubeyou akan dilarang dipasang di Facebook jika tak bersedia diaudit atau tak lolos investigasi.

Media di AS, CNBC, menduga Cubeyou melakukan seperti apa yang dilakukan Cambridge Analytica, yaitu mengambil data pengguna tanpa izin melalui aplikasi kuis 'You Are What You Like'. Tuduhan tersebut dibantah oleh Cubeyou dan mengatakan sejak awal mematuhi aturan Facebook. Namun Universitas Cambridge menegaskan bahwa aplikasi kuis secara jelas menyebutkan bahwa data pengguna akan dipakai baik untuk kepentingan akademis maupun komersial.

(fzh)

  • HOT !
    Sajian berbahan dasar ayam memang cukup digemari oleh masyarakat Korea Selatan. Selain rasanya yang lezat, daging ayam tergolong mudah didapat dengan harga yang murah. Dari sekian banyak olahan berbahan dasar ayam, menu Dak Galbi adalah salah satu yang banyak digemari. Namun, tahukah kisah dibalik dari makanan ini?...
  • HOT !
    Fanboy Apple yang menantikan kehadiran iPhone SE (special edition) generasi selanjutnya bisa berbahagia karena perangkat ini dikabarkan meluncur dalam waktu dekat. Yap, iPhone SE 2 siap dirilis pada Mei 2018!...
  • HOT !
    Kabar mengejutkan datang dari dunia sepakbola Britania Raya, Inggris. Arsene Wenger yang sudah melatih klub sepakbola Arsenal sejak tahun 1996, baru saja mengumumkan bahwa dirinya akan berhenti menjadi manajer atau pelatih Arsenal di akhir musim ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)