SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Netizen Indonesia Paling Gampang Umbar Data Pribadi di Internet

Jumat, 23 Maret 2018 12:45 by zia92 | 4060 hits
Netizen Indonesia Paling Gampang Umbar Data Pribadi di Internet
Image source: netterbox.com

DREAMERS.ID - Kebocoran data pengguna Facebook belakangan tengah menjadi sorotan dunia. Tak hanya menjadi catatan bagi mereka untuk lebih peduli terhadap data pengguna, tapi kita sebagai netizen juga harus lebih bijak dalam membagikan informasi pribadi di internet.

Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) memaparkan bagaimana mudahnya pengguna internet Indonesia mengumbar data pribadinya ke internet. Berdasarkan data yang dimiliki ATSI mengutip Detik, pengguna internet Indonesia itu, sebanyak 60% mau berbagi fotonya di dunia maya. Tak hanya itu, mereka juga mengumbar data seperti, tanggal lahir 50%, alamat email 46%, alamat rumah 30%, nomor telepon 21%, hingga videonya 21%.

"Persoalan data pribadi, berdasarkan survei kita sendiri bahwa kita sendiri yang berkontribusi (kebocoran data), seperti foto Anda yang di-upload ke dunia maya sebanyak 66%, tanggal lahir, email, semua ada. Jadi, data pribadi kita yang sengaja atau tidak, kita sendiri melakukan memberikan itu ke publik domain atau internet," tutur Ketua Umum ATSI Merza Fachys.

Baca juga: Fans Indonesia Beri Dukungan untuk Seungri Masuk Berita di Korea, Knetz: Mereka Tak Punya Otak

Merza juga menyampaikan survei APJII 2017 tentang pengguna internet Indonesia terkait keamanan internet, di mana 65,98% responden mengatakan sadar bahwa data dapat diambil dan 83,98% juga mengatakan punya kesadaran penipuan ada di internet. "Mari kita mulai dari kita sendiri untuk hati-hati bermain dengan data pribadi," imbaunya.

Di Indonesia sendiri juga belum lama ini muncul kabar bocornya data registrasi kartu SIM prabayar. Namun Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berulang kali menegaskan tidak ada kebocoran data. Begitu juga isu kalau Kementerian Kominfo menyimpan data para pelanggan prabayar tersebut.

(fzh)

  • HOT !
    Sakit leher yang disebabkan karena terlalu banyak menghabiskan waktu membungkuk saat menggunakan perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel dikenal juga dengan istilah 'text neck'. Dan hal ini sudah menjadi perhatian para terapis fisik selama bertahun tahun....
  • HOT !
    Gaya hidup kurang sehat yang dijalani memang bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar di mana kita berada. Namun bukan berarti kamu harus meninggalkan lingkungan tersebut jika ingin memiliki pola hidup yang lebih sehat, karena pada dasarnya itu semua tergantung pada bagaimana kita menyikapinya....
  • HOT !
    Setelah dijenguk rekan sesama artis yaitu Feby Febiola, Vanessa Angel dinilai semakin kurus setelah mendekam sekitar dua bulan dipenjara. Bahkan menurut mantan kekasihnya Bibi, Vanessa Angel kerap tak nafsu makan hingga pernah menyebut ingin mati saja. Lalu seperti apa sih nasi cadong itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)