SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Buat Jaringan Melambat, Facebook Kena Denda Miliaran di Korea Selatan

Jumat, 23 Maret 2018 10:40 by zia92 | 3427 hits
Buat Jaringan Melambat, Facebook Kena Denda Miliaran di Korea Selatan
Image source: thenextweb.com

DREAMERS.ID - Belakangan ini salah satu situs jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook tengah diterpa kabar negatif. Selain masalah bocornya 50 juta data pengguna, Facebook juga harus berurusan dengan pemerintah Korea Selatan hingga kena denda miliran rupiah.

Melanisr dari Detik, situs jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini didenda 396 juta won atau sekitar Rp 5 miliar karena diduga membatasi akses pengguna di Korea Selatan. Kasus ini sudah diselidiki oleh Korea Communications Commission (KCC) atau Komisi Komunikasi Korea Selatan dari tahun 2017.

Menurut KCC, Facebook harus membayar denda dengan besaran yang dimaksud sebagai bentuk hukuman karena melanggar undang-undang yang merugikan kepentingan pengguna. Regulator pun merekomendasikan agar perusahaan mengubah ketetapan ketentuan penggunaan yang tidak bisa menjamin kualitas layanannya.

Baca juga: Facebook Blokir Akun Medsos Pejabat Militer Myanmar yang Diduga Terlibat Pembunuhan Massal Rohingya

Masalah ini bermula ketika Facebook mulai mengalihkan akses beberapa pengguna Korea Selatan ke platform menuju jaringan di Hong Kong atau Amerika Serikat, daripada menggunakan jaringan lokal dan tanpa memberi notifikasi terlebih dahulu kepada pengguna. Alhasil, koneksi berjalan lebih lambat 4,5 kali dari biasanya. SK Broadband selaku operator penyedia layanan internet mendapat 10 komplain per harinya dari pengguna karena masalah tersebut. Sementara LG UPlus dikomplain 34 kali dalam sehari.

KCC pun menyebut bahwa Facebook melanggar hukum terhadap pembatasan akses atau langganan ke layanannya tanpa alasan yang meyakinkan. Meski begitu, Facebook tetap beranggapan bahwa ini bukan merupakan pelanggaran hukum. "Kami kecewa denga keputusan KCC. Kami berusaha untuk memberikan kinerja yang optimal untuk semua pengguna kami dan akan terus bekerja sama dengan penyedia layanan internet Korea Selatan untuk meraih tujuan," tulis Facebook.

(fzh)

  • HOT !
    Bandara menjadi salah satu tempat umum tersibuk. Khususnya di bandara internasional, penumpang pesawat datang dan pergi selama hampir 24 jam. Di bandara, penting untuk menerapkan etika agar tidak menggangu orang di sekitar. Berikut ini adalah tujuh etika di bandara yang baiknya dilakukan:...
  • HOT !
    Zlatan Ibrahimovic mungkin biasa mencetak gol, namun kali ini ada yang luar biasa. Bintang LA Galaxy tersebut mencetak gol ke 500 nya sebagai pemain sepakbola dengan cara yang tak biasa....
  • HOT !
    Membahas destinasi wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya, karena pasti saja ada sebuah destinasi wisata baru yang tentu saja menarik untuk dikunjungi. Salah satu kota yang memiliki tempat wisata yang tidak ada habisnya adalah Yogyakarta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : karimaalkaff
Cast : Song Joong Ki, Krystal Jung (fX), Kang Minhyuk (CNBlue), Jessica Jung (SNSD)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)