SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Tetap Ada Asbak Meski Dilarang Keras Merokok di Dalam Pesawat

Senin, 12 Maret 2018 18:40 by reinasoebisono | 2172 hits
Alasan Tetap Ada Asbak Meski Dilarang Keras Merokok di Dalam Pesawat
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pernahkan menyadari keberadaan asbak di toilet pesawat, padahal jelas-jelas selalu ada larangan merokok di dalam pesawat? Karena sebenarnya, peraturan dilarang merokok dalam pesawat telah diterapkan secara internasional sejak tahun 2000.

Perlu dicatat, merokok di dalam pesawat merupakan tindakan kriminal, melanggar hukum dan dinyatakan ilegal, melansir Liputan6. Lalu mengapa pesawat selalu menyediakan asbak di dalam toilet? Bukankah hal tersebut justru membuat penumpang merasa tetap ada pembolehan merokok di dalamnya?

Ternyata, pengadaan asbak di toilet pesawat adalah persyaratan khusus untuk penyediaan peralatan minimum atau minimum equipment dari Federal Aviation Administration (FAA). Alasannya, untuk antisipasi kecelakaan dan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh rokok.

Karena pada nyatanya, meski mengetahui bahayanya, tetap banyak penumpang yang merokok di dalam toilet pesawat meski dilarang keras. Penyediaan asbak ini adalah tindakan preventif atau pencegahan mendasar agar kecelakaan-kecelakaan sebelumnya yang serupa tidak terulang.

Baca juga: Momen Pesawat yang Membawa Timnas Arab Saudi Terbakar di Udara

Salah satu kecelakaan hebat yang terjadi karena puntung rokok terjadi di pesawat Varig 820 pada 11 Mei 1973. Api tiba-tiba muncul dan berkobar memicu asap pekat yang mencekik penumpang pesawat Boeing 707-345C dengan nomor seri 19841.

Mengetahui hal gawat terjadi di dalam pesawat, pilot pun akhirnya memutuskan pendaratan darurat. Pesawat itu, yang dijadwalkan terbang dari Bandara Galeao, Rio de Janeiro, Brasil ke Bandara Orly, Paris, Prancis itu akhirnya mendarat darurat di sebuah lapangan di Saulx-les-Chartreux, sebuah area yang terletak sekitar 5 km sebelah selatan dari bandara tujuan.

Pesawat mendarat dengan benturan yang sangat keras. Sayangnya, 123 penumpang yang mayoritas asal Brazil dinyatakan tewas. Bukan karena kecelakaan saat mendarat, tapi karena sesak napas. Hanya ada 1 penumpang yang selamat, sementara 10 awak pesawat selamat berjumlah 10 orang.

Mereka yang selamat berada di kokpit dan di bangku baris pertama. Penyelidikan memunculkan fakta jika api muncul dari sampah toilet pesawat yang terbakar akibat puntung rokok yang masih menyala dilemparkan ke dalamnya. Saat itu, belum ada syarat khusus untuk menyediakan asbak di dalam pesawat.

(rei)

  • HOT !
    Waktu adalah salah satu elemen terpenting dalam hidup manusia, terutama penunjuknya, seperti jam tangan. Tak sedikit merek merek jam tangan yang terkenal dan mendunia karena deretan kelebihan dan kualitasnya. Namun kini dunia teknologi jam tangan tengah berduka karena kehilangan salah satu penggagas terbaiknya....
  • HOT !
    Satu per satu versi sistem operasi (OS) yang lawas tidak akan bisa menikmati layanan pesan instan WhatsApp lagi. Kali ini OS milik Apple, iOS yang bakal mengalami nasib serupa. Meski menjadi OS yang populer karena banyaknya pengguna iPhone, namun bukan berarti aplikasi di dalamnya akan terus didukung oleh pembuatnya....
  • HOT !
    Saat kita memasang atau meng install sebuah aplikasi di perangkat mobile, biasanya akan muncul pesan untuk meminta izin mendapatkan akses ke sejumlah fitur yang ada di smartphone, mulai dari galeri, lokasi, hingga kamera....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)