SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aturan Aneh Pemerintah China Larang Netizen Pakai Huruf 'N', Ada Apa?

Sabtu, 03 Maret 2018 19:00 by zia92 | 2918 hits
Aturan Aneh Pemerintah China Larang Netizen Pakai Huruf 'N', Ada Apa?
Image source: Quartz

DREAMERS.ID - Pemerintah China sempat menerapkan peraturan yang cukup aneh pada warganya. Negeri Tirai Bambu ini memang terkenal ketat dalam hal ber-internet. Bahkan perusahaan teknologi raksasa seperti Google dan Facebook mati kutu dibuatnya.

Melansir laman Gizmodo, baru-baru ini China malarang netizen di negaranya menggunakan huruf 'N'. Larangan ini diduga sebagai langkah China untuk menindak usulan Partai Komunis China soal batas jabatan presiden yang akan dihapus.

Sebagai informasi, untuk saat ini batas jabatan presiden terbagi menjadi dua syarat di mana masing-masing syarat membatasi selama lima tahun. Dengan adanya usulan untuk menghapus batas tersebut, Presiden Xi Jinping bisa memerintah tanpa batasan waktu.

Baca juga: Polisi Tangkap Pengedar Narkoba Kelas Internasional, Salah Satu Tersangka Tewas Ditembak

Adapun alasan dilarangnya huruf 'N' di negara tersebut tampaknya karena merujuk pada simbol 'X' di Aljabar yang kemungkinan digunakan sebagai konteks "Syarat N di pemerintahan”, seperti mengutip dari Detik.

Sementara menurut blogger China yang berbasis di Perth, Australia, CA Yeung, menduga huruf N merujuk pada kata "tak terhingga" yang tentunya digunakan untuk merujuk pada kebijakan Xi Jinping. Sedangkan netizen di Twitter bernama Kasumi Shen menganggap huruf N mewakili kata "No".

Larangan untuk menggunakan huruf N di internet itu hanya sementara dan berlangsung selama sehari sebelum akhirnya dicabut.

(fzh)

  • HOT !
    Alam di bumi kita ini sudah menyediakan segala hal yang manusia butuhkan, termasuk untuk piknik atau traveling. Namun keinginan untuk berwisata yang sarat dengan 'pelanggaran' dan adrenalin adalah sebuah kebutuhan baru bagi beberapa orang....
  • HOT !
    Torehan juara China Open 2018 yang diraih Anthony Ginting ternyata juga membuat masyarakat setempat terpukau akan permainannya, bahkan salah seorang volunter turnamen tersebut sampai mengirimkan sebuah surat pada Ginting. Ialah Hermione Wang....
  • HOT !
    Pebulu Tangkis Tunggal Putra Indonesia, Anthony Sinsuka Ginting meraih hasil optimal ketika berlaga di China Open 2018. Pasalnya, pemuda berusia 21 tahun tersebut lolos ke babak semifinal....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SJFF_INA
Cast : Lee Donghae Park Sang-Mi Choi Hye-Jin Lee Donghyun (Donghae appa) Oh Hye-Sun (Donghae eomma)Dong

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)