home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aturan Aneh Pemerintah China Larang Netizen Pakai Huruf 'N', Ada Apa?

Sabtu, 03 Maret 2018 19:00 by zia92 | 3012 hits
Aturan Aneh Pemerintah China Larang Netizen Pakai Huruf 'N', Ada Apa?
Image source: Quartz

DREAMERS.ID - Pemerintah China sempat menerapkan peraturan yang cukup aneh pada warganya. Negeri Tirai Bambu ini memang terkenal ketat dalam hal ber-internet. Bahkan perusahaan teknologi raksasa seperti Google dan Facebook mati kutu dibuatnya.

Melansir laman Gizmodo, baru-baru ini China malarang netizen di negaranya menggunakan huruf 'N'. Larangan ini diduga sebagai langkah China untuk menindak usulan Partai Komunis China soal batas jabatan presiden yang akan dihapus.

Sebagai informasi, untuk saat ini batas jabatan presiden terbagi menjadi dua syarat di mana masing-masing syarat membatasi selama lima tahun. Dengan adanya usulan untuk menghapus batas tersebut, Presiden Xi Jinping bisa memerintah tanpa batasan waktu.

Baca juga: Inilah 'Sosok Muda' yang Salip Jack Ma Sebagai Orang Terkaya Di Cina, Berkat Apa?

Adapun alasan dilarangnya huruf 'N' di negara tersebut tampaknya karena merujuk pada simbol 'X' di Aljabar yang kemungkinan digunakan sebagai konteks "Syarat N di pemerintahan”, seperti mengutip dari Detik.

Sementara menurut blogger China yang berbasis di Perth, Australia, CA Yeung, menduga huruf N merujuk pada kata "tak terhingga" yang tentunya digunakan untuk merujuk pada kebijakan Xi Jinping. Sedangkan netizen di Twitter bernama Kasumi Shen menganggap huruf N mewakili kata "No".

Larangan untuk menggunakan huruf N di internet itu hanya sementara dan berlangsung selama sehari sebelum akhirnya dicabut.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Semenjak pandemi Covid 19 berlangsung, banyak masyarakat yang mengalami fobia Anthrophobia, kondisi ketika seseorang memiliki rasa takut berhadapan dengan manusia. Fobia ini tercatat sudah meningkat tajam sepanjang sejarah baru ini....
  • HOT !
    Sejak awal virus corona menyebar, tes rapid atau rapid test menjadi yang paling populer untuk mendeteksi. Namun belakangan ini, rapid test dianggap sudah tidak efektif bahkan tidak akurat. Bagaimana penjelasan ahli?...
  • HOT !
    Selain gejala gangguan pada indra penciuman dan pengecapan, beberapa pasien COVID 19 juga dilaporkan ada yang mengalami gangguan pada indra pendengaran, yang selama ini belum banyak diketahui....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)