SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aturan Aneh Pemerintah China Larang Netizen Pakai Huruf 'N', Ada Apa?

Sabtu, 03 Maret 2018 19:00 by zia92 | 2899 hits
Aturan Aneh Pemerintah China Larang Netizen Pakai Huruf 'N', Ada Apa?
Image source: Quartz

DREAMERS.ID - Pemerintah China sempat menerapkan peraturan yang cukup aneh pada warganya. Negeri Tirai Bambu ini memang terkenal ketat dalam hal ber-internet. Bahkan perusahaan teknologi raksasa seperti Google dan Facebook mati kutu dibuatnya.

Melansir laman Gizmodo, baru-baru ini China malarang netizen di negaranya menggunakan huruf 'N'. Larangan ini diduga sebagai langkah China untuk menindak usulan Partai Komunis China soal batas jabatan presiden yang akan dihapus.

Sebagai informasi, untuk saat ini batas jabatan presiden terbagi menjadi dua syarat di mana masing-masing syarat membatasi selama lima tahun. Dengan adanya usulan untuk menghapus batas tersebut, Presiden Xi Jinping bisa memerintah tanpa batasan waktu.

Baca juga: Dugaan Kronologi Kebakaran Tempat Karaoke Cina dengan Unsur Kesengajaan Tewaskan Belasan Orang

Adapun alasan dilarangnya huruf 'N' di negara tersebut tampaknya karena merujuk pada simbol 'X' di Aljabar yang kemungkinan digunakan sebagai konteks "Syarat N di pemerintahan”, seperti mengutip dari Detik.

Sementara menurut blogger China yang berbasis di Perth, Australia, CA Yeung, menduga huruf N merujuk pada kata "tak terhingga" yang tentunya digunakan untuk merujuk pada kebijakan Xi Jinping. Sedangkan netizen di Twitter bernama Kasumi Shen menganggap huruf N mewakili kata "No".

Larangan untuk menggunakan huruf N di internet itu hanya sementara dan berlangsung selama sehari sebelum akhirnya dicabut.

(fzh)

  • HOT !
    Waktu adalah salah satu elemen terpenting dalam hidup manusia, terutama penunjuknya, seperti jam tangan. Tak sedikit merek merek jam tangan yang terkenal dan mendunia karena deretan kelebihan dan kualitasnya. Namun kini dunia teknologi jam tangan tengah berduka karena kehilangan salah satu penggagas terbaiknya....
  • HOT !
    Satu per satu versi sistem operasi (OS) yang lawas tidak akan bisa menikmati layanan pesan instan WhatsApp lagi. Kali ini OS milik Apple, iOS yang bakal mengalami nasib serupa. Meski menjadi OS yang populer karena banyaknya pengguna iPhone, namun bukan berarti aplikasi di dalamnya akan terus didukung oleh pembuatnya....
  • HOT !
    Saat kita memasang atau meng install sebuah aplikasi di perangkat mobile, biasanya akan muncul pesan untuk meminta izin mendapatkan akses ke sejumlah fitur yang ada di smartphone, mulai dari galeri, lokasi, hingga kamera....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)