home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan di Server Apple, Ternyata Data iCloud Disimpan di 'Tempat Saingan'

Kamis, 01 Maret 2018 10:40 by fzhchyn | 2830 hits
Bukan di Server Apple, Ternyata Data iCloud Disimpan di 'Tempat Saingan'
Image source: 9to5Mac

DREAMERS.ID - Beberapa pengguna Apple mungkin tak mengetahui di mana sebenarnya data iCould mereka tersimpan. Karena layanan komputasi awan ini milik Apple, sebagian pengguna mungkin masih berpikir kalau datanya aman tersimpan di server milik perusahaan asal Cupertino tersebut.

Padahan, sejak awal dirilis, Apple menggunakan layanan pihak ketiga seperti Amazon web Service dan Microsoft Azure untuk hosting-nya. Dan baru-baru ini terungkap bahwa Apple menggunakan teknologi cloud milik Google, yang notabene saingan mereka dalam ranah perangkat mobile, digital asisten dan layanan peta.

Dalam dokumentasi keamanan iOS pada Januari 2018, didapati deskripsi tentang pilihan teknologi agar menjaga data pengguna tetap aman dan tidak di-hack. Apple rupanya menggunakan infrastruktur cloud milik Google untuk menyimpan data iCloud foto, file dan backup data milik penggunanya.

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Sejak 2016, perusahan yang dipimpin CEO Tim Cook itu sudah mengandalkan layanan cloud milik Google, walaupun Apple sendiri tidak mengonfirmasi akan hal tersebut. Bahkan pada iOS Security Guide pada Maret 2017, Apple masih mencantumkan Microsoft Azure ketimbang Google Cloud Platform.

Meski bukan server Apple sendiri, bukan berarti data iCloud pengguna bisa dilihat oleh Google ataupun Amazon. Apple tidak hanya memecah data yang disimpannya dari pengguna, mereka pun kemudian mengenkripsi kembali sebelum menyimpannya di salah satu layanan cloud.

"Setiap file dipecah menjadi potongan dan dienkripsi oleh iCloud menggunakan AES-128 dan sebuah kunci dari setiap potongan menggunakan SHA-256," jelas Apple mengutip Detik. "Kunci dan metadata file disimpan oleh Apple di akun iCloud pengguna. Potongan file yang dienkripsi disimpan, tanpa informasi identifikasi pengguna, menggunakan layanan penyimpanan pihak ketiga, seperti S3 dan Google Cloud Platform," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)