SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan di Server Apple, Ternyata Data iCloud Disimpan di 'Tempat Saingan'

Kamis, 01 Maret 2018 10:40 by zia92 | 2594 hits
Bukan di Server Apple, Ternyata Data iCloud Disimpan di 'Tempat Saingan'
Image source: 9to5Mac

DREAMERS.ID - Beberapa pengguna Apple mungkin tak mengetahui di mana sebenarnya data iCould mereka tersimpan. Karena layanan komputasi awan ini milik Apple, sebagian pengguna mungkin masih berpikir kalau datanya aman tersimpan di server milik perusahaan asal Cupertino tersebut.

Padahan, sejak awal dirilis, Apple menggunakan layanan pihak ketiga seperti Amazon web Service dan Microsoft Azure untuk hosting-nya. Dan baru-baru ini terungkap bahwa Apple menggunakan teknologi cloud milik Google, yang notabene saingan mereka dalam ranah perangkat mobile, digital asisten dan layanan peta.

Dalam dokumentasi keamanan iOS pada Januari 2018, didapati deskripsi tentang pilihan teknologi agar menjaga data pengguna tetap aman dan tidak di-hack. Apple rupanya menggunakan infrastruktur cloud milik Google untuk menyimpan data iCloud foto, file dan backup data milik penggunanya.

Baca juga: iPhone dengan iOS Jadul Bakal Tak Bisa Pakai WhatsApp Lagi

Sejak 2016, perusahan yang dipimpin CEO Tim Cook itu sudah mengandalkan layanan cloud milik Google, walaupun Apple sendiri tidak mengonfirmasi akan hal tersebut. Bahkan pada iOS Security Guide pada Maret 2017, Apple masih mencantumkan Microsoft Azure ketimbang Google Cloud Platform.

Meski bukan server Apple sendiri, bukan berarti data iCloud pengguna bisa dilihat oleh Google ataupun Amazon. Apple tidak hanya memecah data yang disimpannya dari pengguna, mereka pun kemudian mengenkripsi kembali sebelum menyimpannya di salah satu layanan cloud.

"Setiap file dipecah menjadi potongan dan dienkripsi oleh iCloud menggunakan AES-128 dan sebuah kunci dari setiap potongan menggunakan SHA-256," jelas Apple mengutip Detik. "Kunci dan metadata file disimpan oleh Apple di akun iCloud pengguna. Potongan file yang dienkripsi disimpan, tanpa informasi identifikasi pengguna, menggunakan layanan penyimpanan pihak ketiga, seperti S3 dan Google Cloud Platform," pungkasnya.

(fzh)

  • HOT !
    Waktu adalah salah satu elemen terpenting dalam hidup manusia, terutama penunjuknya, seperti jam tangan. Tak sedikit merek merek jam tangan yang terkenal dan mendunia karena deretan kelebihan dan kualitasnya. Namun kini dunia teknologi jam tangan tengah berduka karena kehilangan salah satu penggagas terbaiknya....
  • HOT !
    Satu per satu versi sistem operasi (OS) yang lawas tidak akan bisa menikmati layanan pesan instan WhatsApp lagi. Kali ini OS milik Apple, iOS yang bakal mengalami nasib serupa. Meski menjadi OS yang populer karena banyaknya pengguna iPhone, namun bukan berarti aplikasi di dalamnya akan terus didukung oleh pembuatnya....
  • HOT !
    Saat kita memasang atau meng install sebuah aplikasi di perangkat mobile, biasanya akan muncul pesan untuk meminta izin mendapatkan akses ke sejumlah fitur yang ada di smartphone, mulai dari galeri, lokasi, hingga kamera....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)