SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Sederhana Meredakan Sakit Leher dan Bahu yang Patut Dicoba

Rabu, 14 Februari 2018 14:14 by zia92 | 2279 hits
Cara Sederhana Meredakan Sakit Leher dan Bahu yang Patut Dicoba
Image source: Getty Images

DREAMERS.ID - Bekerja di depan laptop atau komputer seharian atau tidur dalam posisi yang tidak wajar adalah beberapa penyebab masalah sakit leher, bahu, atau punggung. Rasa sakit tersebut pasti akan mengganggu aktivitas di hari berikutnya.

Untuk mengatasi sakit leher tersebut, tips dan pengobatan dari lifehack.org berikut ini secara alami dapat meringankan rasa sakit dan tentunya menghindari untuk mengkonsumsi obat-obatan pembunuh rasa sakit.

1. Kompres dengan air hangat
Ini adalah pengobatan paling sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Hanya dengan meletakkan kantung air panas atau atau handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat ke bagian leher dan bahu, ini akan membuat otot-otot santai. Tapi pastikan untuk tidak memijatnya terlalu keras.

2. Pijat
Minta rekan kerja atau keluarga untuk memijat otot-otot trapezius yang ada di bagian bawah tengkorak kepala sampai punggung dan bahu. Pastikan untuk memijatnya terlalu keras.

3. Latihan leher
Lakukan gerakan-gerakan sederhana pada leher seperti memutarnya. Tarik napas saat menarik kepala ke belakang dan buang napas saat menundukkan kepala ke dada. Putar leher searah jarum jam 7-8 kali dengan lembut. Lalu lakukan hal yang sama dengan berlawanan arah jarum jam. Hal ini akan membuat oto-otot santai dan juga membuat otot tetap kuat.

Baca juga: Sering Mengetik Hingga Hal Lebih Serius Lainnya yang Bisa Sebabkan Kesemutan

4. Hindari posisi dan aktivitas yang tidak nyaman
Kurangi menyetir, hindari mengangkat barang berat atau duduk dengan posisi yang membuat stres bahu, leher, dan lainnya.

5. Peregangan bahu
Putar sendi bahu ke depan dan ke belakang. Satukan jari-jari dan angkat tangan ke atas kepala. Tahan selama satu menit lalu turunkan lengan.

6. Coba makanan yang ‘menyembuhkan’
Coklat hitam mengandung banyak flanovol yang dapat membantu meningkatkan aliran darah sehingga meredakan otot-otot yang lelah tersebut. Blueberry, buah delima, biji labu, jahe, dan buah ceri juga memiliki zat inflamatory yang dapat meringankan otot.

7. Istirahat
Ambil waktu istirahat dengan menonton acara televisi atau film favorit dan pergi tidur. Pastikan untuk tidur dengan bantal yang rendah dan nyaman. Dan jika masalah sakit leher ini tetap berlanjut, segera periksakan ke dokter.

(fzh)

  • HOT !
    Hanya tinggal menghitung hari untuk melihat rupa smartphone andalan terbaru Samsung, Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Meski tak memiliki perubahan yang radikal dari segi desain dari generasi sebelumnya, namun Samsung tentunya menghadirkan inovasi baru untuk dua perangkat ini....
  • HOT !
    Google baru saja menghilangkan salah satu fitur penting yang dianggap sangat berguna bagi para pengguna saat mencari gambar yaitu ‘View Images’ (Lihat Gambar). Pada 16 Februari lalu, Google mengummkan hal tersebut melalui akun Twitter....
  • HOT !
    Visual dari para idola K Pop memang selalu berhasil menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Namun, tak hanya wajah natural dari idola wanitanya, penampilan dari idola pria pun tak luput diperhatikan oleh netizen disamping bakat dan kemampuan yang mereka miliki tentunya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)