SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ciptakan Efek Bokeh, Samsung Bakal Buat Kamera Ganda untuk Smartphone Murah

Kamis, 08 Februari 2018 13:36 by zia92 | 1946 hits
Ciptakan Efek Bokeh, Samsung Bakal Buat Kamera Ganda untuk Smartphone Murah
Image source: Know Your Mobile

DREAMERS.ID - Kunggulan dari modul dual camera atau kamera ganda yang banyak dipakai smartphone premium saat ini adalah untuk refocusing (menciptakan efek bokeh) dan low-light shooting (LLS) atau mode minim cahaya.

Kamera ganda yang digunakan untuk menciptakan efek ini harganya tidak murah sehingga ponsel kelas menengah belum bisa mencicipi teknologi tersebut. Namun belakangan ini Samsung dikabarkan tengah menciptakan solusi untuk menghadirkan teknologi dual camera ke ponsel kelas mid-range dan low-end.

Melansir dari Phone Arena, sama seperti kamera ganda pada umumnya, penangkap gambar buatan Samsung dilengkapi dengan sensor gambar Isocell Dual. Fungsinya untuk menciptakan efek bokeh dan menangkap gambar saat minim cahaya. Bedanya, sensor ini digandengkan dengan algoritma dari perangkat lunak bikinan sendiri sehingga memungkinkan penciptaan fitur ini memakan biaya lebih rendah.

Baca juga: Duo Samsung Galaxy S9 Dikabarkan Punya Fitur Animoji Mirip iPhone X

"Solusi total Samsung untuk Isocell Dual akan membuat proses pengembangan produk pelanggan kami menjadi lebih mudah," ujar Ben K Hur, Vice President of System LSI Marketing Samsung Electronics mengutip Kompas. "Ini memungkinkan mereka menghadirkan fitur dual camera yang paling optimal ke konsumen yang lebih beragam," tambahnya.

Untuk mempermudah implementasi, Samsung tidak menggabungkan fitur gambar bokeh dan pengambilan gambar minim cahaya  dua algoritma menjadi satu. Sebagai gantinya, vendor dapat memilih setup kamera sebesar  13MP + 5MP untuk kamera bokeh. Sedangkan untuk mode LLS, tersedia setup kamera 8MP + 8MP. Pengolahan gambar disetel secara khusus untuk setiap sensor kamera agar mendapatkan hasil terbaik.

Samsung sendiri tidak menyebutkan akan menerapkan teknologi ini pada ponselnya karena mereka memang tidak memiliki banyak produk ponsel murah. Namun mengingat perusahaan asal negeri gingseng memiliki pabrikan sendiri, bisa jadi teknologi ini bakal diterapkan pada ponsel lain di luar merek Samsung.

(fzh)

  • HOT !
    Sejak 31 Oktober 2017 lalu pengguna sudah bisa melakukan registrasi kartu SIM prabayar menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) yang tertera di KTP, serta nomor kartu keluarga (KK). Registrasi ini paling lambat dilakukan hingga 28 Februari 2018 mendatang....
  • HOT !
    Ramen memang menjadi salah satu kuliner Jepang yang populer dan disukai banyak orang. Namun, jika pada umumnya kuah ramen akan berwarna kecoklatan, di Jepang justru tengah populer kuah ramen dengan warna yang terbilang nyentrik....
  • HOT !
    Google baru saja menghilangkan salah satu fitur penting yang dianggap sangat berguna bagi para pengguna saat mencari gambar yaitu ‘View Images’ (Lihat Gambar). Pada 16 Februari lalu, Google mengummkan hal tersebut melalui akun Twitter....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)