SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Manfaat Kesehatan di Balik Hobi Unik 'Rock Balancing'

Rabu, 07 Februari 2018 12:00 by zia92 | 1677 hits
Manfaat Kesehatan di Balik Hobi Unik 'Rock Balancing'
Image source: Mark Powell Photography

DREAMERS.ID - Netizen belakangan ini tengah ramai membicarakan fenomena ‘rock balancing’. Tak hanya sekadar seni dalam menyusun batu dengan memperhatikan faktor keseimbangan, namun hobi unik juga ternyata menyimpan manfaat kesehatan.

Melansir dari Detik, dr Frandy Susatia, SpS, dari RS Siloam Kebon Jeruk, mengatakan bahwa rock balancing atau stone balancing merupakan kegiatan yang cukup bermanfaat untuk pengidap tremor (tangan bergetar) karena maslh syaraf. "Jadi rock balancing itu kan butuh kesabaran dan konsentrasi tinggi. Karena menyusun batunya kan pakai tangan, jadi membantu melatih kontrol tangannya (yang bergetar)," ujarnya.

Rock balancing merupakan kegiatan yang menyusun batu-batu dari alam, biasa dilakukan di sungai ataupun pegunungan. Terdapat beberapa gaya rock balancing yang populer, seperti rock stacking yang menyusun batu secara vertikal.

Baca juga: Sudah Tahu? Begini Posisi Tubuh yang Salah dan Tepat Saat Gunakan Gadget

Ada pula classic balance, di mana dua batu disusun secara horizontal dan saling menyangga dalam posisi yang berdampingan. Gaya lainnya adalah gaya bebas, di mana batu-batu dipadukan sesuka hati namun membentuk susunan yang menarik.

dr Frandy mengatakan karena butuh konsentrasi tinggi dan kesabaran, rock balancing juga baik bagi mereka yang memiliki masalah emosi. "Jadi ini latihan bagi otak, karena melatih konsentrasi, kesabaran sekaligus emosi. Ini hobi yang baik dan memiliki manfaat bagi kesehatan," tambahnya lagi.

(fzh)

  • HOT !
    Sakit leher yang disebabkan karena terlalu banyak menghabiskan waktu membungkuk saat menggunakan perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel dikenal juga dengan istilah 'text neck'. Dan hal ini sudah menjadi perhatian para terapis fisik selama bertahun tahun....
  • HOT !
    Gaya hidup kurang sehat yang dijalani memang bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar di mana kita berada. Namun bukan berarti kamu harus meninggalkan lingkungan tersebut jika ingin memiliki pola hidup yang lebih sehat, karena pada dasarnya itu semua tergantung pada bagaimana kita menyikapinya....
  • HOT !
    Setelah dijenguk rekan sesama artis yaitu Feby Febiola, Vanessa Angel dinilai semakin kurus setelah mendekam sekitar dua bulan dipenjara. Bahkan menurut mantan kekasihnya Bibi, Vanessa Angel kerap tak nafsu makan hingga pernah menyebut ingin mati saja. Lalu seperti apa sih nasi cadong itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)