SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Soal Selera, Ini Alasan Makanan Jadi Pelampiasaan Saat Stres

Rabu, 31 Januari 2018 10:35 by zia92 | 1329 hits
Bukan Soal Selera, Ini Alasan Makanan Jadi Pelampiasaan Saat Stres
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Sebagian orang melampiaskan rasa stres dengan mengkonsumsi makanan yang disukai. Makanan yang dipilih pun cenderung berupa makanan berat seperti olahan mie atau pasta, pizza, atau makanan cepat saji lainnya.

Rupanya, hal ini bukan soal selera atau kemudahan mendapat makanan melainkan dapat dijelaskan secara ilmiah dan masuk akal. Melansir laman CNN, tim dari National Institute for Physiological Sciences menemukan bahwa neuron otak yang aktif akibat stres mengalami peningkatan nafsu makan terhadap karbohidrat.

Kesimpulan ini berdasarkan penelitian mereka terhadap tikus. Tikus-tikus dengan neuron yang aktif makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi tiga kali lebih banyak daripada tikus dengan kondisi neuron normal. Tikus-tikus ini bahkan hanya makan setengah porsi makanan yang tinggi lemak.

Baca juga: Mitos Seputar Olahraga yang Sebaiknya Mulai Dilupakan

Dari penelitian ini, Yasuhiko Minokoshi, salah satu periset menyimpulkan bahwa otak memainkan peranan terkait preferensi karbohidrat atau lemak. Studi ini diklaim bisa membantu menghindarkan orang dari konsumsi makanan manis atau junk food yang tak sehat.

Manusia umumnya memilih apa yang ingin dimakan berdasarkan selera dan kondisi nutrisi tubuh. Tapi, mekanisme yang terlibat dalam pemilihan itu masih menjadi misteri. Menurutnya, kebanyakan mereka yang makan makanan manis cenderung menyalahkan diri sendiri akibat nafsu makan yang tak terkontrol, apalagi saat stres.

(fzh)

  • HOT !
    NASA kembali temukan dua planet baru melalui teleskopnya yang sudah lima bulan berarda di luar angkasa....
  • HOT !
    Punya tubuh tinggi semampai dan wajah yang rupawan menjadi keunggulan tersendiri bagi Sehun. Member EXO ini pun kerap mencuri perhatian di sejumlah acara fashion hingga baru baru ini ditunjuk menjadi brand ambassador global pertama lini fashion Ermenegildo Zegna....
  • HOT !
    Selepas kepergian Ronaldo, Real Madrid tampaknya harus mengecangkan ikat pinggang, pasalnya selama ini Klub Raksasa Spanyol itu banyak mengandalkan sentuhan kaki CR7....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SJFF_INA
Cast : Lee Donghae Park Sang-Mi Choi Hye-Jin Lee Donghyun (Donghae appa) Oh Hye-Sun (Donghae eomma)Dong

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)