SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Dicap Jelek, 'Micin' Ternyata Punya Manfaat Kesehatan

Senin, 29 Januari 2018 19:00 by zia92 | 2610 hits
Sering Dicap Jelek, 'Micin' Ternyata Punya Manfaat Kesehatan
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Bahan penyedap masakan yang satu ini memang sering dianggap tidak baik untuk kesehatan. Hal tersebut memang benar jika Monosodium Glutamat (MSG) atau yang biasa disebut micin atau vetsin dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut Profresor Hardinsyah, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, micin justru punya manfaat kesehatan. Ia menjelaskan, pada 1992, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sempat menyebut per hari konsumsi maksimal micin sebanyak 5 gram.

Namun, pada penelitian-penelitian berikutnya, tidak ada temuan perihal batas atas konsumsi micin. "Konsumsi micin dikatakan secukupnya, hingga rasa optimum yang ingin dicapai," katanya, mengutip dari CNN Indonesia. Nah berikut adalah beberapa dampak positif mengkonsumsi MSG secukupnya.

1. Mengurangi konsumsi garam

Beberapa orang menyiasati pengurangan MSG dengan memadukan gula dan garam. Perpaduan gula dan garam memang menciptakan rasa gurih pada masakan. Akan tetapi Hardinsyah menjelaskan, MSG terdiri dari natrium (12 persen), glutamat (78 persen) dan air (10 persen). Jumlah natrium atau garam dalam MSG tak seberapa jika dibanding garam dapur yakni sebanyak 36-39 persen.

2. Mempercepat waktu cerna makanan

Saat makanan dikonsumsi, pencernaan dimulai saat makanan dikunyah. Glutamat pada MSG merangsang produksi saliva sehingga makanan lebih cepat halus saat dikunyah. Kemudian proses ini berlanjut hingga ke lambung dan usus. Menurut Hardinsyah, makan lauk pauk dengan MSG lebih mudah dicerna daripada yang tidak.

3. Meningkatkan selera makan dan kualitas hidup lansia

Berdasarkan penelitian Kenji Toyama dari Universitas Kanagawa, MSG mampu meningkatkan asupan gizi karena nafsu makan bertambah. Selain itu, kualitas hidup lansia ini juga meningkat. Penelitian ini melibatkan 11 lansia di sebuah rumah sakit. Selama dua bulan, mereka diberi bubur dengan tambahan MSG sebanyak 0,5 persen. Artikel penelitian pun diterbitkan dalam Biological & Pharmaceutical Bulletin pada 2008.

(fzh)

  • HOT !
    Sudah lama Samsung dikabarkan tengah mengembangkan smartphone layar lipat. Konsep layar ini nampaknya cepat atau lambat akan menjadi tren setelah para vendor sudah menerapkan layar full display pada perangkatnya....
  • HOT !
    Girl group BLACKPINK tak hanya menarik perhatian publik karena lagu lagunya yang easy listening. Setiap membernya juga punya selera fashion yang bagus yang mencerminkan keunikan dan ciri khas dari kepribadian mereka masing masing....
  • HOT !
    Apple dikabarkan mulai menghentikan proses produksi perangkat iPhone X dan SE (Special Edition). Hal ini disebut karena raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino, AS itu tengah fokus pada smartphone terbarunya....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)