SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Dicap Jelek, 'Micin' Ternyata Punya Manfaat Kesehatan

Senin, 29 Januari 2018 19:00 by zia92 | 2654 hits
Sering Dicap Jelek, 'Micin' Ternyata Punya Manfaat Kesehatan
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Bahan penyedap masakan yang satu ini memang sering dianggap tidak baik untuk kesehatan. Hal tersebut memang benar jika Monosodium Glutamat (MSG) atau yang biasa disebut micin atau vetsin dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut Profresor Hardinsyah, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, micin justru punya manfaat kesehatan. Ia menjelaskan, pada 1992, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sempat menyebut per hari konsumsi maksimal micin sebanyak 5 gram.

Namun, pada penelitian-penelitian berikutnya, tidak ada temuan perihal batas atas konsumsi micin. "Konsumsi micin dikatakan secukupnya, hingga rasa optimum yang ingin dicapai," katanya, mengutip dari CNN Indonesia. Nah berikut adalah beberapa dampak positif mengkonsumsi MSG secukupnya.

1. Mengurangi konsumsi garam

Beberapa orang menyiasati pengurangan MSG dengan memadukan gula dan garam. Perpaduan gula dan garam memang menciptakan rasa gurih pada masakan. Akan tetapi Hardinsyah menjelaskan, MSG terdiri dari natrium (12 persen), glutamat (78 persen) dan air (10 persen). Jumlah natrium atau garam dalam MSG tak seberapa jika dibanding garam dapur yakni sebanyak 36-39 persen.

2. Mempercepat waktu cerna makanan

Saat makanan dikonsumsi, pencernaan dimulai saat makanan dikunyah. Glutamat pada MSG merangsang produksi saliva sehingga makanan lebih cepat halus saat dikunyah. Kemudian proses ini berlanjut hingga ke lambung dan usus. Menurut Hardinsyah, makan lauk pauk dengan MSG lebih mudah dicerna daripada yang tidak.

3. Meningkatkan selera makan dan kualitas hidup lansia

Berdasarkan penelitian Kenji Toyama dari Universitas Kanagawa, MSG mampu meningkatkan asupan gizi karena nafsu makan bertambah. Selain itu, kualitas hidup lansia ini juga meningkat. Penelitian ini melibatkan 11 lansia di sebuah rumah sakit. Selama dua bulan, mereka diberi bubur dengan tambahan MSG sebanyak 0,5 persen. Artikel penelitian pun diterbitkan dalam Biological & Pharmaceutical Bulletin pada 2008.

(fzh)

  • HOT !
    Sakit leher yang disebabkan karena terlalu banyak menghabiskan waktu membungkuk saat menggunakan perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel dikenal juga dengan istilah 'text neck'. Dan hal ini sudah menjadi perhatian para terapis fisik selama bertahun tahun....
  • HOT !
    Gaya hidup kurang sehat yang dijalani memang bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar di mana kita berada. Namun bukan berarti kamu harus meninggalkan lingkungan tersebut jika ingin memiliki pola hidup yang lebih sehat, karena pada dasarnya itu semua tergantung pada bagaimana kita menyikapinya....
  • HOT !
    Setelah dijenguk rekan sesama artis yaitu Feby Febiola, Vanessa Angel dinilai semakin kurus setelah mendekam sekitar dua bulan dipenjara. Bahkan menurut mantan kekasihnya Bibi, Vanessa Angel kerap tak nafsu makan hingga pernah menyebut ingin mati saja. Lalu seperti apa sih nasi cadong itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)