SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awas! 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Nyeri Haid Makin Parah

Senin, 22 Januari 2018 23:00 by zia92 | 4125 hits
Awas! 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Nyeri Haid Makin Parah
Image source: Getty Images

DREAMERS.ID - Sebagian wanita mengalami perut kram saat menstruasi atau juga yang disebut nyeri haid. Rasa sakit pada bagian perut ini memang sangat mengganggu dan bisa membuat aktivitas terhambat hingga membuat bad mood.

Di pasaran memang telah tersedia obat pereda nyeri haid, namun tak sedikit wanita yang takut mengonsumsinya karena tak ingin bergantung pada obat. Rupanya, disadari atau tidak ada beberapa kebiasaan yang membuat rasa sakit saat haid bertambah parah. Berikut adalah beberapa diantaranya melansir Pop Sugar.

1. Olahraga tertentu

Olahraga memang baik dilakukan secara rutin. Bahkan sebenarnya tak ada larangan bagi wanita yang sedang haid untuk berolah raga. Namun, menurut Rachel High dan beberapa koleganya di Baylor Scott & White Health di Texas Tengah, beberapa riset mengindikasikan bahwa olahraga ringan seperti jogging atau berlari di treadmill, yoga dan pilates bisa meningkatkan rasa tidak nyaman saat haid seperti rasa sakit dan perubahan emosi.

2. Gula berlebih

Saat merasa stres, kecenderungan untuk mengkonsumsi dessert atau makanan manis semakin tinggi. Namun jika sedang nyeri haid, sebisa mungkin untuk menahannya karena bisa mengakibatkan kenaikan kadar guila darah, perut kembung dan tubuh jadi lebih lesu.

Baca juga: Sudah Tahu? Begini Posisi Tubuh yang Salah dan Tepat Saat Gunakan Gadget

3. Konsumsi kafein

Punya kebiasaan ngopi di pagi hari? Tampaknya wanita harus menggantinya dengan minuman lain selama haid. Dikatakan bahwa kafein bisa mengakibatkan aktivitas peningkatan produksi urin, sehingga tubuh kekurangan cairan. Selain itu, kafein juga stimulan, yang bisa berpotensi mengiritasi rahim dan meningkatkan kram. Tapi menghindari kafein juga belum terbukti bisa mengurangi rasa sakit saat haid.

4. Stres

Stres memang tidak membuat rasa sakit saat haid makin parah, tapi ia benar-benar mempengaruhi perubahan mood. Sebagian orang mungkin tidak bisa benar-benar menghindari stres, tapi ada kegiatan yang bisa dilakukan agar tubuh dan pikiran lebih tenang. Misalnya berjalan-jalan sambil ngobrol bersama teman, mandi air hangat atau bermain bersama hewan peliharaan.

5. Tidak makan 3 kali sehari

Sebagian wanita yang sedang haid kadang sama sekali enggan untuk makan teratur karena perut terasa kembung atau kram. Jika sulit untuk makan tiga kali sehari, maka cukup dengan porsi kecil tapi frekuensinya ditambah. Perut kosong hanya akan mengakibatkan peningkatan asam lambung dan mual.

(fzh/CNN)

  • HOT !
    Sakit leher yang disebabkan karena terlalu banyak menghabiskan waktu membungkuk saat menggunakan perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel dikenal juga dengan istilah 'text neck'. Dan hal ini sudah menjadi perhatian para terapis fisik selama bertahun tahun....
  • HOT !
    Gaya hidup kurang sehat yang dijalani memang bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar di mana kita berada. Namun bukan berarti kamu harus meninggalkan lingkungan tersebut jika ingin memiliki pola hidup yang lebih sehat, karena pada dasarnya itu semua tergantung pada bagaimana kita menyikapinya....
  • HOT !
    Setelah dijenguk rekan sesama artis yaitu Feby Febiola, Vanessa Angel dinilai semakin kurus setelah mendekam sekitar dua bulan dipenjara. Bahkan menurut mantan kekasihnya Bibi, Vanessa Angel kerap tak nafsu makan hingga pernah menyebut ingin mati saja. Lalu seperti apa sih nasi cadong itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)