home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Alasan Mengapa Dilarang Menggunakan Toilet Kabin Sebelum Pesawat Lepas Landas dan Mendarat

Selasa, 16 Januari 2018 23:00 by RanaHanin | 3882 hits
Ini Alasan Mengapa Dilarang Menggunakan Toilet Kabin Sebelum Pesawat Lepas Landas dan Mendarat
image source: Daily Mail

DREAMERS.ID - Bagi anda yang pernah melakukan perjalanan menaiki pesawat, pasti tahu kalau pilot dan pramugari selalu mengingatkan untuk tak menggunakan toilet kabin saat sebelum pesawat lepas landas dan sebelum mendarat. Jangan disepelekan, hal ini merupakan masalah keamanan dan hukum penerbangan internasional yang wajib dipatuhi.

Tahun lalu, seorang pria dikeluarkan dari penerbangan Delta Air Lines saat ia mencoba menggunakan toilet sebelum lepas landas meski pesawatnya tak bergerak. Dalam kasus ini, sebagian besar orang yang terbang tentu berpihak pada penumpang. Namun, mereka tidak mengerti satu hal penting dalam keselamatan penerbangan: Pilot tidak dapat secara legal lepas landas jikalau ada penumpang di dalam toilet.

Permasalahannya sama di setiap pesawat apapun, alasannya pun hampir sama dengan prosedur standar lainnya saat lepas landas dan mendarat. Dua waktu itu adalah waktu-waktu penerbangan yang paling berbahaya (relatif). Penumpang harus tetap berada di tempat duduk, dan tak menghalangi jalur pintu darurat.

Melansir Gizmodo oleh Travel and Leisure, salah satu alasan mengapa menggunakan toilet kabin dilarang sebelum pesawat ada di posisi aman sebelum lepas landas dan mendarat adalah bahwa jika terjadi kejadian fatal, tim tanggap darurat akan sulit mengidentifikasi dan menyelamatkan penumpang.

Apalagi tak ada alat keselamatan di toilet (seperti sabuk pengaman). Namun ada banyak tepi tajam yang berpotensi menimbulkan luka jika terjadi guncangan keras. Jika terjadi evakuasi darurat, penumpang juga bisa terjebak di kamar kecil dan tidak dapat melarikan diri.

Oleh karena itu, demi keselamatan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, petugas penerbangan menganjurkan bahwa waktu terbaik untuk menggunakan toilet pesawat adalah setelah sang kapten mematikan tanda sabuk pengaman dan sebelum layanan minuman atau makanan dimulai.

(rmh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)