SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hal Ini Diprediksi Jadi Penyebab Cokelat Punah 30 Tahun Lagi

Rabu, 03 Januari 2018 19:27 by arnanda | 2175 hits
Hal Ini Diprediksi Jadi Penyebab Cokelat Punah 30 Tahun Lagi
Image source: moneyinc

DREAMERS.ID - Cokelat memang menjadi salah satu makanan yang disukai banyak orang di dunia karena rasanya yang manis dan mudah diolah jadi beragam menu. Sayangnya, belum lama ini beredar kabar jika makanan ini akan segera musnah.

Melansir Metro, para ahli memprediksi bahwa dalam 30 tahun ke depan, tanaman kakao yang merupakan bahan dasar cokelat akan punah akibat pemanasan global, sehingga diramal pada 2048, para penikmat cokelat sudah tidak bisa menyantap makanan manis ini lagi.

Tanaman kakao sebagai bahan utama cokelat hanya bisa tumbuh dalam kondisi spesifik dan cukup sensitif, yakni dengan kelembapan dan curah hujan yang tinggi, tanah yang kaya nitrogen. Tetapi, pemanasan global yang kian terjadi membuat bumi menjadi semakin panas dari tahun ke tahun. Hal ini berakibat tanaman cokelat diprediksi tidak akan bertahan dalam kondisi demikian.

Baca juga: Pekerjaan 'Terlezat' Di Dunia, Digaji untuk Makan BBQ dan Cokelat!

Selama ini, Ghana dan Pantai Gading menjadi tempat bagi tumbuhan kakao yang paling banyak ditanam. Diperkirakan, suhu di wilayah-wilayah tersebut akan meningkat setiap tahun, sehingga hal ini menyebabkan tanaman kakao mau tidak mau harus dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi, yakni pegunungan.

Namun, jika tanaman kakako dipindahkan ke daerah pegunungan maka akan menimbulkan masalah lain, yaitu mengganggu ekosistem satwa liar yang ada di sana. Faktor lain yang mendukung kepunahan cokelat ialah adanya permintaan akan produk cokelat yang selalu meningkat, sementara kondisi pertanian tanaman kakao tidak bisa memungkinkan untuk memenuhi permintaan tersebut.

Namun bagi para penggemar cokelat, para ahli menyarankan agar tidak terlalu khawatir dan tidak terlalu panik dengan peristiwa ini, sebab mereka mengatakan bahwa masih ada waktu dan cara lain untuk menyelamatkan tanaman kakao sebelum semuanya terlambat.

(nnd)

  • HOT !
    Siapa yang tidak mengenal Sumatera Barat? Daerah yang sangat terkenal dengan makanan dan budayanya. Tidak hanya makanan dari Sumatera Barat saja yang terkenal tetapi ia juga memiliki keindahan alam yang sangat menarik dan beragam....
  • HOT !
    Indonesia tidak hanya kaya dengan alam dan budaya, tetapi juga kaya dengan berbagai macam kuliner khas nusantara yang tentu saja akan membuat kalian akan lebih mencintai Indonesia dengan segala kekayaan yang ada di dalamnya....
  • HOT !
      Kejuaraan bulu tangkis BWF World Tour Super 750, Japan Open 2018 telah berakhir Minggu (16/9/2018). Lima juara dari lima nomor yang dipertandingkan di final, telah naik podium. Indonesia berhasil meraih satu gelar pada nomor ganda putra lewat pasangan nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SJFF_INA
Cast : Lee Donghae Park Sang-Mi Choi Hye-Jin Lee Donghyun (Donghae appa) Oh Hye-Sun (Donghae eomma)Dong

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)