SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hal Ini Diprediksi Jadi Penyebab Cokelat Punah 30 Tahun Lagi

Rabu, 03 Januari 2018 19:27 by arnanda | 1758 hits
Hal Ini Diprediksi Jadi Penyebab Cokelat Punah 30 Tahun Lagi
Image source: moneyinc

DREAMERS.ID - Cokelat memang menjadi salah satu makanan yang disukai banyak orang di dunia karena rasanya yang manis dan mudah diolah jadi beragam menu. Sayangnya, belum lama ini beredar kabar jika makanan ini akan segera musnah.

Melansir Metro, para ahli memprediksi bahwa dalam 30 tahun ke depan, tanaman kakao yang merupakan bahan dasar cokelat akan punah akibat pemanasan global, sehingga diramal pada 2048, para penikmat cokelat sudah tidak bisa menyantap makanan manis ini lagi.

Tanaman kakao sebagai bahan utama cokelat hanya bisa tumbuh dalam kondisi spesifik dan cukup sensitif, yakni dengan kelembapan dan curah hujan yang tinggi, tanah yang kaya nitrogen. Tetapi, pemanasan global yang kian terjadi membuat bumi menjadi semakin panas dari tahun ke tahun. Hal ini berakibat tanaman cokelat diprediksi tidak akan bertahan dalam kondisi demikian.

Baca juga: Heboh Snack Cokelat Raksasa yang Punya Ukuran Hingga 1 Meter, Berapa Harganya?

Selama ini, Ghana dan Pantai Gading menjadi tempat bagi tumbuhan kakao yang paling banyak ditanam. Diperkirakan, suhu di wilayah-wilayah tersebut akan meningkat setiap tahun, sehingga hal ini menyebabkan tanaman kakao mau tidak mau harus dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi, yakni pegunungan.

Namun, jika tanaman kakako dipindahkan ke daerah pegunungan maka akan menimbulkan masalah lain, yaitu mengganggu ekosistem satwa liar yang ada di sana. Faktor lain yang mendukung kepunahan cokelat ialah adanya permintaan akan produk cokelat yang selalu meningkat, sementara kondisi pertanian tanaman kakao tidak bisa memungkinkan untuk memenuhi permintaan tersebut.

Namun bagi para penggemar cokelat, para ahli menyarankan agar tidak terlalu khawatir dan tidak terlalu panik dengan peristiwa ini, sebab mereka mengatakan bahwa masih ada waktu dan cara lain untuk menyelamatkan tanaman kakao sebelum semuanya terlambat.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Banyak sekali makanan enak yang bisa kamu coba saat liburan ke Negeri Sakura. Apalagi kalau kamu pecinta es krim, walaupun musim dingin, tak menjadi alasan untuk tak makan es krim, lho. Justru makan es krim saat musim dingin menjadi tren di Jepang....
  • HOT !
    Semakin banyak pengembang yang mengutamakan kenyamanan pengguna dalam menggunakan layananya. Beberapa bulan yang lalu, YouTube melakukan perubahan desain yang cukup signifikan dengan menambahkan fitur Night Mode atau modus malam di perangkat desktop....
  • HOT !
    Susu cokelat memang menjadi salah satu minuman yang banyak digemari orang dari berbagai usia. Dengan rasanya yang manis dan kaya akan gizi, membuat minuman ini jadi sering diminum setiap harinya oleh banyak orang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)