SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Olimpiade Tokyo Bakal Pakai Teknologi Pengenalan Wajah, Untuk Apa?

Rabu, 27 Desember 2017 12:50 by zia92 | 912 hits
Olimpiade Tokyo Bakal Pakai Teknologi Pengenalan Wajah, Untuk Apa?
Image source: cultofmac

DREAMERS.ID - Olimpiade Tokyo 2020 tak hanya menjadi gelaran olahraga akbar tapi juga bakal memamerkan sejumlah teknologi canggih. Salah satunya adalah teknologi face recognition atau pengenalan wajah dalam skala besar, namun apa fungsinya?

Dilansir dari Digital Trends melalui Detik, sistem pengenalan wajah yang dikembangkan NEC Corp. ini akan digunakan untuk membantu keamanan dengan mengurangi masalah kartu ID palsu atau hilang dicuri. Nantinya, sistem ini akan mempercepat akses keluar masuk atlet, petugas dan media ke berbagai tempat selama Olimpiade berlangsung.

Sistem tersebut diperkirakan bisa menangani hingga 400 ribu orang. Alhasil, ini akan menjadi penerapan teknologi pengenalan wajah terbesar dalam acara Olimpiade. Dan untuk menyiapkan sistem tersebut, foto wajah harus didaftarkan ke database, sehingga pengenalan wajah bisa mencocokkannya dengan wajah atlet atau para pekerja yang akan hilir mudik di tempat Olimpiade.

Mengingat gelaran ini masih dua tahun lagi, teknologi tersebut akan dipersiapkan secara matang dengan melalui berbagai pengujian. NEC Corp sendiri sudah berpengalaman mengembangkan teknologi pengenalan wajah selama bertahun-tahun. Pada 2014, teknologi besutannya yang bernama NeoFace menjadi perbincangan karena membantu kepolisian Chicago, Amerika Serikat melacak tersangka kriminal.

Teknologi pengenalan wajah NEC juga digunakan di sejumlah kios makanan cepat saji CaliBurger. Mesin mereka mengenali konsumen dari beberapa kali kunjungan dan menggunakan data tersebut untuk merekomendasikan menu berdasarkan kebiasaan mereka jajan di Caliburger.

(fzh)

  • HOT !
    Siapa yang tidak mengenal Sumatera Barat? Daerah yang sangat terkenal dengan makanan dan budayanya. Tidak hanya makanan dari Sumatera Barat saja yang terkenal tetapi ia juga memiliki keindahan alam yang sangat menarik dan beragam....
  • HOT !
    Indonesia tidak hanya kaya dengan alam dan budaya, tetapi juga kaya dengan berbagai macam kuliner khas nusantara yang tentu saja akan membuat kalian akan lebih mencintai Indonesia dengan segala kekayaan yang ada di dalamnya....
  • HOT !
      Kejuaraan bulu tangkis BWF World Tour Super 750, Japan Open 2018 telah berakhir Minggu (16/9/2018). Lima juara dari lima nomor yang dipertandingkan di final, telah naik podium. Indonesia berhasil meraih satu gelar pada nomor ganda putra lewat pasangan nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SJFF_INA
Cast : Lee Donghae Park Sang-Mi Choi Hye-Jin Lee Donghyun (Donghae appa) Oh Hye-Sun (Donghae eomma)Dong

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)