home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Olimpiade Tokyo Bakal Pakai Teknologi Pengenalan Wajah, Untuk Apa?

Rabu, 27 Desember 2017 12:50 by fzhchyn | 1029 hits
Olimpiade Tokyo Bakal Pakai Teknologi Pengenalan Wajah, Untuk Apa?
Image source: cultofmac

DREAMERS.ID - Olimpiade Tokyo 2020 tak hanya menjadi gelaran olahraga akbar tapi juga bakal memamerkan sejumlah teknologi canggih. Salah satunya adalah teknologi face recognition atau pengenalan wajah dalam skala besar, namun apa fungsinya?

Dilansir dari Digital Trends melalui Detik, sistem pengenalan wajah yang dikembangkan NEC Corp. ini akan digunakan untuk membantu keamanan dengan mengurangi masalah kartu ID palsu atau hilang dicuri. Nantinya, sistem ini akan mempercepat akses keluar masuk atlet, petugas dan media ke berbagai tempat selama Olimpiade berlangsung.

Sistem tersebut diperkirakan bisa menangani hingga 400 ribu orang. Alhasil, ini akan menjadi penerapan teknologi pengenalan wajah terbesar dalam acara Olimpiade. Dan untuk menyiapkan sistem tersebut, foto wajah harus didaftarkan ke database, sehingga pengenalan wajah bisa mencocokkannya dengan wajah atlet atau para pekerja yang akan hilir mudik di tempat Olimpiade.

Baca juga: Ke Indonesia, Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020 Hadiri Meet & Greet Peluncuran Olympian Mind

Mengingat gelaran ini masih dua tahun lagi, teknologi tersebut akan dipersiapkan secara matang dengan melalui berbagai pengujian. NEC Corp sendiri sudah berpengalaman mengembangkan teknologi pengenalan wajah selama bertahun-tahun. Pada 2014, teknologi besutannya yang bernama NeoFace menjadi perbincangan karena membantu kepolisian Chicago, Amerika Serikat melacak tersangka kriminal.

Teknologi pengenalan wajah NEC juga digunakan di sejumlah kios makanan cepat saji CaliBurger. Mesin mereka mengenali konsumen dari beberapa kali kunjungan dan menggunakan data tersebut untuk merekomendasikan menu berdasarkan kebiasaan mereka jajan di Caliburger.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)