SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bahaya Keracunan Karbon Monoksida Hingga Sebabkan Kematian

Selasa, 19 Desember 2017 14:33 by zia92 | 4060 hits
Bahaya Keracunan Karbon Monoksida Hingga Sebabkan Kematian
Image source: canadiantire.ca

DREAMERS.ID - Duka yang mendalam masih dirasakan banyak orang atas meninggalnya member boy group SHINee, Jonghyun pada Senin (18/12). Pihak kepolisian Gangnam telah menyatakan bahwa artis asuhan SM Entertainment tersebut meninggal karena bunuh diri.

Saat Jonghyun ditemukan tak sadarkan diri di sebuah kamar apartemen pukul 6 petang waktu setempat, terdapat coal briquette atau arang yang dibakar. Asap dari pembakaran arang inilah yang menjadi penyebab sang vokalis lemas tak sadarkan diri hingga akhirnya meninggal dunia.

Gas karbon monoksida hasil pembakaran memang diketahui berbahaya untuk kesehatan. Jika tidak langsung mendapat penanganan, orang yang mengalami keracunan karbon monoksida bisa berakhir dengan kematian.

Dilansir dari CNN, karbon monoksida (CO) merupakan gas beracun yang tak berwarna, tak berbau, dan tak menimbulkan iritasi pada kulit dan mata. Sehingga tak heran jika orang yang mengalami keracunan karbon monoksida seringkali tak sadar kalau dirinya mengalami keracunan.

Gas karbon monoksida sangat berbahaya karena saat seseorang bernapas di dalamnya, maka gas tersebut akan masuk ke aliran darah dan mencegah sel-sel darah merah membawa oksigen. Tanpa oksigen, jaringan tubuh dan sel-sel akan mati.

Berdasarkan tingkat paparannya, berikut adalah efek keracunan gas karbon monoksida mengutip Halo Sehat.

1. Paparan tingkat rendah CO dapat menyebabkan sakit kepala, muntah, mual, kelelahan, sesak napas, gejala seperti flu, gangguan fungsi motorik (seperti kesulitan berjalan atau masalah dengan keseimbangan).

2. Pada tingkat paparan yang tinggi, atau jika terkena tingkat rendah dalam jangka waktu yang lama, gejala dapat mencakup pusing, sakit dada, penglihatan yang menurun, dan kesulitan untuk berpikir.

3. Sedangkan untuk paparan yang sangat tinggi, paparan CO dapat menyebabkan ketidaksadaran, kejang, koma, dan kematian.  Selain itu, paparan CO pada tingkat sedang dan tinggi selama jangka waktu yang panjang juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

(fzh)

  • HOT !
    Bagi kebanyakan wanita, lipstick adalah salah satu produk kecantikan wajib yang sangat diperlukan dan harus ada di segala kesempatan. Hanya dengan sekali pulasan, penampilan wajah bisa berubah cukup signifikan dan tak lagi terlihat pucat....
  • HOT !
    Kain khas Indonesia kadang dianggap kuno dan terlalu bernuansa tradisional. Padahal, dengan model dan corak yang diolah apik, kain tradisional Indonesia bisa menghasilkan busana yang cantik dan bernilai tinggi....
  • HOT !
    Di minggu terakhir bulan Ramadhan, sebagian rutinitas orang sudah berubah dengan disibukkan persiapan libur panjang maupun mudik Lebaran. Saat perjalanan mudik menuju kampung halaman ini, kondisi tubuh tentunya harus fit agar ibadah puasa pun tetap lancar. Jangan karena tubuh tidak bugar, puasa menjadi batal saat melakukan perjalanan mudik....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)