SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penelitian Ungkap Waktu yang Paling Tepat untuk Makan Pagi

Kamis, 07 Desember 2017 06:10 by RanaHanin | 1681 hits
Penelitian Ungkap Waktu yang Paling Tepat untuk Makan Pagi
Image source: EatingWell

DREAMERS.ID - Makan pagi atau sarapan merupakan bagian penting sebelum melakukan aktivitas. Melewatkan sarapan dapat mengganggu jam internal tubuh, walaupun seseorang tidak makan berlebihan pada jam lain, seperti makan siang atau sekadar mengemil, risiko kenaikan berat badan juga dapat terjadi.

Seperti yang diutarakan oleh Peneliti dari Universitas Tel Aviv (TAU) dan Hebrew University di Israel, mereka menemukan efek sarapan terhadap jam internal tubuh yang mengatur glukosa dan insulin setelah seseorang makan.

"Studi kami menunjukkan, sarapan memicu jam internal tubuh, yang mengarah ke kontrol glikemik, angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang lebih baik," kata Daniela Jakubowicz dari TAU dilansir dari Hindustan Times.

Baca juga: Wow, Ternyata Biji Alpukat Bisa Di Konsumsi Loh !

Jam internal tubuh, yang lebih dikenal dengan ritme sirkadian, tidak hanya mengatur perubahan metabolisme glukosa. Ritme sirkadian juga mengatur berat badan, tekanan darah, dan fungsi endotel (sel yang mengatur pembuluh darah).

Untuk penelitian ini, 18 sukarelawan sehat dan 18 sukarelawan obesitas yang menderita diabetes ikut serta dalam penelitian dengan melakukan sarapan dan makan siang, kemudian pada penelitian yang hanya melakukan makan siang. 

Dari hasil uji coba bersama sukarelawan tersebut, sang peneliti menyimpulkan, "Waktu sarapan yang tepat itu sebelum pukul 09.30. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan keseluruhan metabolisme tubuh, peluang penurunan berat badan, dan menunda komplikasi yang terkait dengan diabetes tipe 2," ucap Daniela, dikutip dari Hindustan Times, Rabu (6/12).

(rmh)

  • HOT !
    Karakter original yang diciptakan para member BTS yang dinamai BT21 sudah melakukan banyak kolaborasi dengan berbagai brand. Karakter ini awalnya dibuat dengan kolaborasi bersama layanan pesan instan LINE untuk dijadikan stiker, namun seiring berjalannya waktu dan popularitas BTS yang semakin mendunia, banyak produk bermunculan yang menampilkan karakter BT21....
  • HOT !
    Layanan pesan instan LINE baru saja merilis fitur baru untuk membalas pesan lebih mudah. Fitur ‘Reply’ ini memungkinkan pengguna untuk mengutip dan menjawab pesan secara langsung sehingga percakapan dalam chat room lebih menyenangkan....
  • HOT !
    Masih sekitar tiga minggu lagi jelang perilisan Galaxy Note 9. Namun CEO Samsung DJ Koh terlihat sudah menggunakan phablet tersebut di hadapan publik. Tak banyak hal yang terungkap dari foto yang menunjukkan Koh tengah menggunakan ponsel tersebut selain dukungan S Pen....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)