SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aplikasi Wajib Download yang Berguna Saat Menghadapi Bencana Alam

Senin, 27 November 2017 16:00 by zia92 | 1225 hits
Aplikasi Wajib Download yang Berguna Saat Menghadapi Bencana Alam
Image source: Android Central

DREAMERS.ID - Bencana alam bisa terjadi kapan dan di mana saja, sehingga tidak ada salahnya untuk selalu waspada dan siap dengan segala kondisi yang mungkin terjadi. Dengan bermodalkan smartphone, kita bisa dengan mudah mencari dan mendapat berbagai informasi terkait bencana alam.

Saat menghadapi bencana, kita perlu mengetahui beberapa informasi yang mencakup situasi sumber bencana, cara penanganan, hingga pertolongan pertama. Nah berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu dan berguna untuk menghadapi bencana alam.

1. Radio

Merupakan salah satu medium yang bisa dengan cepat menyiarkan informasi, kamu wajib punya aplikasi radio di smartphone. Sejumlah ponsel memang masih menyematkan fitur radio, namun jika tidak punya, di toko aplikasi banyak tersedia.

Namun pastikan untuk memilih aplikasi radio yang memuat stasiun lokal, seperti stasiun RRI misalnya. Stasiun lokal penting karena pengguna bisa mendapat pengumuman resmi dari pemerintah atau badan terkait bencana yang dihadapi secara real-time.

2. BMKG

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merupakan badan yang bertanggung jawab atas informasi cuaca di langit Indonesia, namun aplikasi yang mereka punya tak berisi itu saja. Dalam aplikasi yang memang diperuntukan untuk masyarakat luas ini, ada beberapa fitur yang memuat informasi soal cuaca bandara, titik gempa terbaru, cuaca maritim, dan kualitas udara suatu kota.

3. Zello

Zello memiliki beberapa fungsi sebagai alat komunikasi seperti walkie-talkie dan sebagai radio dua arah. Aplikasi ini juga punya fitur kanal yang menjadi tempat para pengguna berbagi informasi kebencanaan yang mereka alami. Keunggulan Zello dibanding alat komunikasi lainnya adalah ia tetap bisa berfungsi sekalipun sinyal ponsel melemah bahkan diklaim dapat bekerja dengan jaringan 2G.

4. Siaga Bencana

Ada aplikasi khusus bernama Siaga Bencana yang berisi ajakan untuk memahami langkah-langkah bertindak sebelum dan ketika bencana berlangsung. Aplikasi ini lebih menyerupai tutorial dan alat bantu perencanaan sebelum bencana melanda. Siaga Bencana merupakan aplikasi dari PMI yang memuat informasi untuk bencana tsunami, gempa bumi, banjir, dan badai topan.

5. First Aid

First Aid adalah aplikasi lain yang dibuat oleh PMI yang sifatnya lebih praktis. Di dalamnya banyak memuat tutorial pertolongan pertama, mulai dari penanganan alergi, serangan asma, pendarahan, patah tulang, serangan panik, tidak sadarkan diri, hingga luka bakar. Selain pertolongan pertama, First Aid memuat informasi menghadapi situasi bencana dan perlengkapan yang sebaiknya disiapkan oleh masyarakat.

6. Peta

Google Maps dan Waze adalah pilihan paling populer untuk mengakses peta di perangkat mobile. Peta sangat diperlukan ketika evakuasi menghadapi bencana. Masing-masing aplikasi punya keunggulannya tersendiri. Google Maps punya kemampuan mengunduh peta suatu tempat ke dalam bentuk offline, sehingga kita tak perlu khawatir ketika jaringan telekomunikasi terputus. 

Sementara Waze punya fitur carpooling yang menghubungkan seseorang yang butuh tumpangan ke pemilik kendaraan terdekat. Fitur ini banyak dipakai oleh masyarakat di AS ketika badai Harvey menyerang. Hanya saja fitur tersebut belum tersedia di Indonesia.

(fzh/cnnindonesia)

Komentar
  • HOT !
    Terdapat banyak pilihan yang dirancang untuk memenuhi semua jenis anggaran dan kebutuhan wisatawan di Kota Tokyo, Jepang. Sebagian besar pelancong, pasti tahu mengenai hotel kapsul. Namun, belakangan ini terdapat sebuah tren baru berupa tempat multi fungsi yang nyaman dijadikan tempat menginap, terutama bagi kamu pecinta buku....
  • HOT !
    Ayam goreng dengan warna cokelat keemasan memang selalu berhasil menarik perhatian orang untuk segera menyantapnya. Namun, belakangan ternyata muncul ayam goreng berwarna lain yang tak kalah menarik dan tengah jadi hits di Jepang. Apa itu?...
  • HOT !
    Siapa bilang musim dingin harus identik dengan yang menggigil dan aktivitas outdoor? Di Korea, selain wahana atau lokasi ski dan salju, lokasi lokasi spa yang panas juga jadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)