SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perusahaan Perakit iPhone X Dituding Eksploitasi Pelajar SMA Sebagai Syarat Lulus

Kamis, 23 November 2017 13:00 by zia92 | 1197 hits
Perusahaan Perakit iPhone X Dituding Eksploitasi Pelajar SMA Sebagai Syarat Lulus
Image source: Market Watch

DREAMERS.ID - Foxconn sebagai perusahaan yang bertanggung jawab untuk memproduksi gadget Apple di China disebut secara ilegal mempekerjakan pelajar SMA secara berlebihan di pabriknya untuk merakit smartphone terbaru iPhone X.

Setidaknya ada enam pelajar SMA yang disebut dalam laporan ini, dan semuanya bekerja 11 jam sehari untuk merakit ponsel andalan Apple tersebut. Hal ini merupakan pelanggaran hukum sesuai dengan undang-undang di China.

Melansir dari The Verge, para pelajar yang berusia antara 17 dan 19 tahun itu mengaku kalau mereka harus bekerja di pabrik selama tiga bulan sebagai syarat untuk bisa lulus. Salah seorang pelajar mengaku mereka dipaksa untuk bekerja di sana, padahal pekerjaannya itu tak ada kaitannya dengan pelajaran di sekolah. Ada juga pelajar lain yang mengaku perharinya mereka merakit 1.200 kamera iPhone X.

Apple dan Foxconn disebut sudah mengetahui kasus pelajar yang bekerja secara lembur di pabrik tersebut. Menurut mereka, pekerjaan itu diambil untuk remedial, alias memperbaiki nilai tugas, dan mereka pun mengaku tak pernah memaksa para pelajar itu untuk bekerja lembur. "Kami sudah mengkonfirmasi para pelajar ini bekerja secara sukarela, dan mereka diberi kompensasi serta bonus. Namun mereka seharusnya memang tak diperbolehkan untuk bekerja lembur," ujar juru bicara Apple, mengutip Detik.

Sementara menurut Foxconn, mereka memang bekerja sama dengan pemerintah dan sekolah dalam membuat program magang di pabriknya. Namun mereka juga mengakui kalau bekerja lembur bagi para pelajar itu melanggar aturan yang melarang pelajar untuk bekerja lebih dari 40 jam tiap minggunya.

Saat ini setidaknya ada 300 ribu orang yang bekerja di Foxconn untuk merakit iPhone, dan 3 ribu di antaranya adalah pelajar dari Zhengzhou Urban Rail Transit School, yang diperbantukan untuk merakit iPhone X.

(fzh)

  • HOT !
    Karakter original yang diciptakan para member BTS yang dinamai BT21 sudah melakukan banyak kolaborasi dengan berbagai brand. Karakter ini awalnya dibuat dengan kolaborasi bersama layanan pesan instan LINE untuk dijadikan stiker, namun seiring berjalannya waktu dan popularitas BTS yang semakin mendunia, banyak produk bermunculan yang menampilkan karakter BT21....
  • HOT !
    Layanan pesan instan LINE baru saja merilis fitur baru untuk membalas pesan lebih mudah. Fitur ‘Reply’ ini memungkinkan pengguna untuk mengutip dan menjawab pesan secara langsung sehingga percakapan dalam chat room lebih menyenangkan....
  • HOT !
    Masih sekitar tiga minggu lagi jelang perilisan Galaxy Note 9. Namun CEO Samsung DJ Koh terlihat sudah menggunakan phablet tersebut di hadapan publik. Tak banyak hal yang terungkap dari foto yang menunjukkan Koh tengah menggunakan ponsel tersebut selain dukungan S Pen....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)