SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Psikolog Sebut Pura-pura Sakit untuk Tujuan Tertentu Termasuk Gangguan Mental

Jumat, 17 November 2017 11:11 by zia92 | 2009 hits
Psikolog Sebut Pura-pura Sakit untuk Tujuan Tertentu Termasuk Gangguan Mental
Image source: lifesite.com

DREAMERS.ID - Kabar kecelakaan yang menimpa Setya Novanto menimbulkan beragam reaksi dari netizen. Pasalnya sang pengacara Fredrich Yunadi menyebut bahwa kliennya itu mengalami kecelakaan saat dalam perjalanan menuju kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (16/11) malam.

Tak lama setelah itu, Mellissa Grace, mantan artis cilik yang sekarang berprofesi sebagai psikolog mengunggah sebuah penjelasan mengenai satu gangguan mental di akun Instagram pribadinya. Gangguan mental itu bernama malingering.

Berdasarkan unggahannya, malingering adalah gangguan mental di mana seseorang berpura-pura menjadi sakit atau dengan sengaja memunculkan gejala penyakit, baik fisik maupun mental, dalam dirinya dengan tujuan menghindari tanggung jawab.

Di bagian kolom komentar, Mellissa yang bergelar psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia itu menulis mengenai penjelasan gangguan mental tersebut. Menurutnya, perilaku ini baru dapat dikategorikan sebagai "gangguan" ketika:

1. Individu yang bersangkutan tidak dapat mengendalikan intensitas, durasi, frekuensi prilakunya. Jadi, tidak hanya terjadi sesekali.

Baca juga: Wakil Ketua KPK dan Juru Bicaranya Bakal Dipolisikan Mantan Pengacara Setnov, Fredrich Yunadi!

2. Perilakunya sudah mengganggu fungsi adaptif (fungsi perilaku keseharian) individu yang bersangkutan, maupun lingkungan sekitarnya.

3. Perilaku menimbulkan distress (stres yang bersifat negatif) pada individu yang bersangkutan maupun lingkungan sekitarnya.

Unggahan Mellissa ini memang tidak merujuk pada satu oknum tertentu, dalam kasus ini Setya Novanto. Karena ia cukup sering mengunggah penjelasan seperti ini di akun Instagramnya. Ini bagian dari konten yang dia sebut dengan #KataPsikolog.

Meski begitu, rata-rata yang berkomentar menyangkutpautkan unggahan itu dengan kejadian yang menimpa terduga kasus korupsi e-KTP. “Kayak kasus siapa ya," tulis @Mariana_Zalfas. Sementara akun @adetengbungsu_27 berkomentar, "Wah, ini nie kayak Bapak yang sedang dicari... 10 jeti itu bukan, kak? Maaf kalau salah."

Mellissa Grace kemudian menjawab pertanyaan tersebut, "Could be anyone... secara ini postingan Psikoedukasi kan.. enggak mengacu pada kasus tertentu, melainkan tentang umum."

(fzh/Liputan6)

Komentar
  • HOT !
    Banyak sekali makanan enak yang bisa kamu coba saat liburan ke Negeri Sakura. Apalagi kalau kamu pecinta es krim, walaupun musim dingin, tak menjadi alasan untuk tak makan es krim, lho. Justru makan es krim saat musim dingin menjadi tren di Jepang....
  • HOT !
    Semakin banyak pengembang yang mengutamakan kenyamanan pengguna dalam menggunakan layananya. Beberapa bulan yang lalu, YouTube melakukan perubahan desain yang cukup signifikan dengan menambahkan fitur Night Mode atau modus malam di perangkat desktop....
  • HOT !
    Susu cokelat memang menjadi salah satu minuman yang banyak digemari orang dari berbagai usia. Dengan rasanya yang manis dan kaya akan gizi, membuat minuman ini jadi sering diminum setiap harinya oleh banyak orang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)