SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Buat Kamu Si Pelupa, Olahraga di Waktu Ini Ternyata Bisa Pertajam Daya Ingat

Sabtu, 11 November 2017 08:00 by zia92 | 2342 hits
Buat Kamu Si Pelupa, Olahraga di Waktu Ini Ternyata Bisa Pertajam Daya Ingat
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Olahraga memang bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang, atau malam. Tapi jika ingin mendapatkan manfaat daya ingat atau menghafal yang meningkat dari berolahraga, ternyata ada waktu tertentunya lho Dreamers.

Dilansir dari Huffington Post, penelitian terbaru menunjukkan bahwa latihan fisik atau olahraga dapat membantu seseorang menyimpan informasi serta memiliki daya ingat yang tajam bila dilakukan pada waktu yang tepat. Dan, waktunya adalah beberapa jam setelah belajar.

Penulis dalam penelitian yang mencakup peneliti di Scotland’s University of Edinburgh dan Netherlands’ Radboud University, 72 orang dibagi menjadi beberapa kelompok dan mereka semua menyelesaikan tugas yang melibatkan memori atau daya ingat.

Baca juga: Bikin Cepat Kenyang, Makanan Ini Juga Bisa Tahan Lapar Lebih Lama

Kelompok pertama diminta untuk berolahraga sepeda selama setengah jam, kelompok kedua diminta untuk menunggu hingga empat jam dan kemudian baru berolahraga, serta kelompok ketiga diminta untuk tidak berolahraga sama sekali.

Dua hari kemudian, para peserta kembali ke laboratorium untuk melakukan tes atau mengerjakan tugas terkait daya ingat. Orang-orang yang menunggu empat jam dan kemudian berolahraga ternyata 10% lebih baik pada tes dibandingkan kelompok yang lainnya.

Hal ini terjadi karena informasi yang baru dipelajari dapat menciptakan jejak memori di otak, yang dapat membusuk atau gabung ke dalam memori jangka panjang. Studi terbaru menunjukkan bahwa latihan fisik meningkatkan penajaman dalam pelepasan neurotransmiter tertentu, seperti dopamine dan noradrenalin.

(fzh)

  • HOT !
    Semakin banyak bocoran dan rumor yang muncul terkait perangkat terbaru Samsung Galaxy S10. Baru baru ini, informasi mengenai harga dan varian smartphone yang disebut membawa pembaruan ini pun bahkan terungkap....
  • HOT !
    Kelebihan lemak pada tubuh sering dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit, seperti kardiovaskular atau diabetes. Namun menurut penelitian terbaru, justru ditemukan adanya hubungan antara tingginya kadar lemak dalam tubuh dengan risiko kanker payudara....
  • HOT !
    Masih lanjutan dari Part 1 sebelumnya, tentang warna dan menu makanan yang ternyata mempengaruhi rasa dari makanan menjadi berbeda. Memang terdengar tidak masuk akal tetapi fakta faktanya membenarkan pernyataan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : meditavs
Cast : Kim Jonghyun,A

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)