SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Mengapa Konsumsi Makanan Ini Justru Membuat Semakin Lapar

Minggu, 05 November 2017 15:00 by zia92 | 2920 hits
Alasan Mengapa Konsumsi Makanan Ini Justru Membuat Semakin Lapar
Image source: photostock

DREAMERS.ID - Secara alamiah, seseorang akan mengkonsumsi makanan untuk mengganjal perut yang lapar. Namun jika salah pilih makanan, rasa lapar justru akan semakin bertambah, karena makanan dengan kadar glisemik yang tinggi membuat makanan cepat dicerna yang meningkatkan kadar gula darah.

Hal tersebut justru membuat seseorang lapar dan berpotensi untuk makan lebih dari yang direncanakan. Dilansir dailylife.com, berikut adalah sembilan makanan yang harus dihindari jika ingin mengcegah rasa lapar.

1. Roti putih

Mengkonsumsi roti merupakan sarapan yang standar, tapi jika setelah makan merasa belum kenyang mungkin pemilihan roti yang salah adalah penyebabnya. Tepung putih yang sudah diproses, kehilangan sebagian besar kandungan seratnya. Ini juga memiliki indeks glisemik tinggi yang berarti kita akan mendapat lonjakan energi dan kemudian menurun dengan cepat, sehingga merasa lebih lapar. Karena itu, ilih roti gandum sebagai gantinya, karena memiliki kandungan serat yang cenderung lama dicerna sehingga akan merasa kenyang lebih lama.

2. Jus

Buah mengandung banyak manfaat, namun proses pengejusan membuat seratnya berkurang bahkan hilang dan tertinggal hanya minuman manis yang kurang mengenyangkan. Seperti halnya roti putih, makanan tanpa serat akan membuat bertambah lapar, dan gula darah yang naik akan membuat lelah.

3. Camilan asin

Bukan hanya tidak sehat, makanan ringan yang mengandung banyak garam seperti keripik kentang juga akan membuat merasa lebih lapar. Setelah makan sesuatu yang asin, orang cenderung ingin memakan sesuatu yang manis, karena karbohidrat dalam makanan asin seperti keripik kentang dicerna lebih cepat dan terhubung ke otak untuk mengonsumsi makanan manis.

Baca juga: Mitos Seputar Olahraga yang Sebaiknya Mulai Dilupakan

4. Makanan siap saji

Kandungan gula dalam burger dan topping-nya menyebabkan lonjakan gula yang menyebabkan rasa lapar. Kandungan garam dalam kentang goreng menyebabkan dehidrasi, yang disalahartikan sebagai rasa lapar. Makanan Italia seperti pasta dan pizza juga sama bermasalahnya seperti roti putih karena mengandung tepung putih yang sudah diproses.

5. Sushi

Ikan mentah memang menyehatkan, tapi jika dikombinasikan dengan nasi putih, sushi tidak membuat kenyang lebih lama. Nasi putih sama halnya dengan roti putih dan pasta yang mudah dicerna dan mengandung sedikit serat. Jika ingin mengenyangkan, makan sushi dengan nasi merah.

6. Pemanis buatan

Ketika meminum soda diet atau menggunakan pemanis buatan untuk kopi, otak akan dipicu untuk mendapat dorongan energi yang didapat dari gula biasa, seperti karbohidrat. Hal ini akan membuat semakin lapar dan tubuh akan mencoba untuk menebus kekurangan energi yang diharapkan tersebut.

7. Sereal

Sereal bisa sangat menyehatkan jika membuat pilihan yang tepat. Banyak sereal yang memiliki presentase gula tinggi dan serat yang rendah, menyebabkan lonjakan gula darah. Solusinya adalah hindari sereal Nutrigrain dan Corn flakes dan pilih gandum.

(fzh)

  • HOT !
    Siapa yang tidak mengenal Sumatera Barat? Daerah yang sangat terkenal dengan makanan dan budayanya. Tidak hanya makanan dari Sumatera Barat saja yang terkenal tetapi ia juga memiliki keindahan alam yang sangat menarik dan beragam....
  • HOT !
    Indonesia tidak hanya kaya dengan alam dan budaya, tetapi juga kaya dengan berbagai macam kuliner khas nusantara yang tentu saja akan membuat kalian akan lebih mencintai Indonesia dengan segala kekayaan yang ada di dalamnya....
  • HOT !
      Kejuaraan bulu tangkis BWF World Tour Super 750, Japan Open 2018 telah berakhir Minggu (16/9/2018). Lima juara dari lima nomor yang dipertandingkan di final, telah naik podium. Indonesia berhasil meraih satu gelar pada nomor ganda putra lewat pasangan nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SJFF_INA
Cast : Lee Donghae Park Sang-Mi Choi Hye-Jin Lee Donghyun (Donghae appa) Oh Hye-Sun (Donghae eomma)Dong

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)