home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Meski Tak Sehat, Jenis Camilan Ini Ternyata Paling Favorit Disantap Lho!

Senin, 23 Oktober 2017 08:00 by dodo07 | 1631 hits
Meski Tak Sehat, Jenis Camilan Ini Ternyata Paling Favorit Disantap Lho!
Image source: bisnisukm

DREAMERS.ID - Rasa bosan memang sering muncul setiap saat dan kepada siapa saja. Meski tiap orang punya caranya masing-masing dalam mengatasi rasa bosan yang menimpanya, namun tidak sedikit orang akan memilih menyantap camilan atau disebut ngemil.

Donatpizzakentang goreng atau cake memang sering disantap sebagai menu camilan. Namun, tak hanya ketiga makanan tersebut, tenyata ada sebuah makanan yang sering dicari bila sedang dilanda rasa bosan, yaitu keripik. Percaya atau tidak, makanan ringan ini adalah makanan yang paling sering disantap sebagai makanan ‘pengurang’ kebosanan.

Melansir laman SciencedailyDr. Sandi Mann dari University of Central Lancashire (UCLan) dan rekannya Faye Ibbitson dan Ben Edward pernah melakukan studi tentang kebosanan dan makanan yang cenderung dipilih untuk mengatasinya.

Baca juga: Klaim Ngemil Bikin Gemuk Ternyata Hanyalah Mitos Belaka?

Dalam studi pertama para peneliti meminta 52 partisipan untuk mengisi kuesioner tentang pilihan makanan sebelum dan setelah menyelesaikan tugas yang membosankan. Sedangkan pada studi kedua peneliti kemudian meminta 45 partisipan untuk menonton acara yang bersifat membosankan atau lucu. Lalu disediakan pula camilan yang sehat maupun yang tidak sehat.

Camilan tersebut ditempatkan dalam mangkuk dan ditimbang sebelum dan sesudah untuk mengetahui berapa banyak masing-masing camilan saat nanti dimakan. Ternyata kedua studi yang mempunyai objek berbeda justru mempunyai hasil yang sama yaitu orang cenderung memilih makanan tidak sehat seperti keripik setelah merasa bosan.

"Hasil ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa kita mendambakan lemak dan gula dalam makanan ketika kita bosan. Ini memperkuat teori bahwa kebosanan berhubungan dengan rendahnya tingkat stimulasi otak terhadap kimia dopamin. Orang yang bosan mencoba untuk meningkatkan asupan lemak dan gula,” ungkap Dr. Sandi Mann.

Meski banyak dikonsumsi dan punya rasa yang disukai, namun dalam mengonsumsi keripik perlu diperhatikan pula jumlah dikonsumsi. Karena, walaupun dipercaya dapat ‘mengurangi’ rasa bosan, namun keripik masih termasuk sebagai makanan tidak sehat.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Dilansir dari CNN Indonesia, beberapa waktu belakangan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto menarik perhatian publik dengan kalung yang dipakai saat melakukan rapat di Bintan, Kepulauan Riau....
  • HOT !
    Kulit yang sehat, bersih dan mulus tanpa ada masalah seperti kusam dan gelap atau belang merupakan hal yang penting khususnya bagi perempuan. Apalagi jika area gelap atau belang terdapat di bagian leher. Namun, ada cara mudah untuk mengatasinya di rumah....
  • HOT !
    Sarapan merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebab memberi sumber energi untuk menjalani aktivitas. Berbagai makanan bisa jadi menu sarapan, seperti deretan makanan yang populer di Korea Selatan ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)