home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jaringan Wi-Fi Super Aman Rentan Diretas, Perangkat Android Paling Rawan

Rabu, 18 Oktober 2017 13:00 by fzhchyn | 1408 hits
Jaringan Wi-Fi Super Aman Rentan Diretas, Perangkat Android Paling Rawan
Image source: The Sun

DREAMERS.ID - Laporan mengejutkan datang dari peneliti siber asal Belgia, Mathy Vanhoef dan Frank Piessens dari Universitas KU Leuven. Mereka mmeperingatkan para pengguna jaringan nirkabel atau Wi-Fi untuk berhati-hati terhadap serangan hacking atau peretasan.

Pada akhir pekan lalu, Mathy Vanhoef mempublikasikan temuan celah keamanan yang mampu membobol jaringan internet nirkabel Wi-Fi, meskipun terlindungi protokol keamanan Wireless Protected Access II (WPA2).

WPA2 sendiri selama ini diketahui sebagai protokol kemanan yang sangat aman dan tidak dapat ditembus hacker, yang telah digunakan oleh hampir semua jaringan WiFi di seluruh dunia. Namun jaringan Wi-Fi super aman itu kini dapat dibobol dengan metode KRACK (key reinstallation attacks).

Baca juga: Awas! Wi-Fi Hotel Juga Punya Celah Keamanan yang Sering Diabaikan

Metode tersebut bisa memberikan akses ilegal ke hampir seluruh perangkat yang dikirim melalui jaringan WiFi yang menggunakan protokol WPA2. Dalam laman  krackattacks.com, Vanhoef membeberkan bahwa hacker menggunakan teknik khusus untuk membaca data yang sebelumnya diyakini terenkripsi dengan aman.

Jika berhasil dibobol, hacker dapat mencuri data penting seperti nomor kartu kredit, password, percakapan pesan, e-mail, foto, dan sebagainya. Para hacker pun bisa saja memasukan program jahat ransomware atau malware ke dalam situs web lewat celah keamanan tersebut.

Vanhoef menegaskan bahwa semua perangkat yang mendukung WiFi WPA2 berpotensi terserang, termasuk perangkat Android, Linux, Apple, Windows, OpenBSD, MediaTek, Linksys dan lain-lain. Namun Android dan Linux adalah yang paling rawan karena kedua sistem operasi ini cukup lamban dalam menerima pembaruan sistem. Selain itu, enkripsi Android dan Linux lebih mudah untuk dimanipulasi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)