home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kurangi Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Kulit Menjadi Tipis

Rabu, 18 Oktober 2017 11:20 by zia92 | 1733 hits
Kurangi Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Kulit Menjadi Tipis
Image source: liagriffith.com

DREAMERS.ID - Jika kamu punya kebiasaan malas mencuci tangan dengan air dan lebih memilih menggunakan cairan pencuci tangan alias hand sanitizer, sebaiknya dikurangi atau dihentikan. Karena kebiasaan ini bisa berakibat buruk pada kondisi kulit tangan.

Sebagaian orang memang lebih memilih menggunakan hand sanitizer biasa dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan kuman jika berada jauh dari tolet, kamar mandi, atau sumber air lainnya yang bisa dibuat untuk mencuci tangan karena sifatnya yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana.

Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya hand sanitizer tidak lebih efektif dibanding mencuci tangan langsung. "Hand sanitizer itu tidak wajib, karena bahan dasarnya alkohol supaya bisa menghilangkan kuman di tangan. Tapi berdasarkan penelitian memang lebih efektif cuci tangan dengan sabun," kata Sekertaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Muhammad Adib Khumaidi, mengutip CNN.

Baca juga: Cara Alami Hilangkan Lemak di Pipi

Disamping kemudahannya, hand sanitizer ternyata lebih mungkin menyebarkan penyakit berkaitan norovirus, atau gangguan pencernaan seperti diare jika digunakan terlalu sering. "Pakai hand sanitizer terlalu sering juga tidak baik karena dapat membuat kulit menjadi tipis." lanjutnya.

Hand sanitizer sebagian besar terbuat dari alkohol yang berperan sebagai antiseptik. Selain alkohol, hand sanitizer juga ditambahkan bahan lain seperti air, parfum, dan gliserin.

Namun menurut juru bicara Infectious Disease Society of Amerika Aaron E Glatt, seperti yang dilansir WebMD, penggunaan hand sanitizer tidak berlaku bagi pembersihan bakteri Clostridium difficile yang menyebabkan peradangan hebat di usus besar.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Siapa yang tak kenal dengan aktris cantik Jun Ji Hyun yang bermain bersama Lee Min Ho di drama The Legend of the Blue Sea pada 2016 lalu. Hingga kini, Jun Ji Hyun masih menjaga bentuk tubuh idealnya meski sudah berumur 38 tahun....
  • HOT !
    Korea Selatan tidak pernah habis dengan kafe kafe menarik yang Instagram able. Salah satunya yang muncul di drama Korea It's Okay to Not Be Okay dan Into the Ring adalah IK Light House, kafe yang dipenuhi dengan bola lampu....
  • HOT !
    Beradaptasi dengan new normal di tengah pandemi merupakan salah satu tantangan yang kita hadapi saat ini. Dengan penyesuaian untuk menjalani aktivitas pada umumnya, kita juga dituntut untuk lebih peduli terhadap pola hidup sehat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)